08 September 2015

Oblak itu Datang dari Shockbreaker Depan

Pada tulisan terdahulu, saya pernah curhat tentang sensasi ‘oblak’ yang saya rasakan pada Supra X 125 saya, bahkan setelah saya mengganti komstirnya dengan yang original. Hari Minggu (6/9) kemarin bertepatan dengan waktu untuk servis rutin di bengkel, saya pun meminta sang mekanik untuk sekalian mengecek shockbreaker depan HSX 125 saya.

Setelah spakbor depan dibuka, terlihat rembesan oli yang terdapat pada as shock depan sebelah kanan. Setelah semua komponen dibuka barulah terlihat goresan kecil pada tabung asnya. Inilah celah yang membuat oli shockbreaker merembes dan membuat volume oli berkurang sehingga shockbreaker menjadi tidak seimbang. Dan ketidakstabilan inilah yang membuat shockbreaker seperti oblak, mirip dengan oblaknya komstir.

Penjelasan Sang Mekanik, goresan pada as shockbreaker depan ini biasanya disebabkan karena kotoran (umumnya pasir) yang menyusup ke dalam sil dalam waktu yang cukup lama. Mungkin karena posisinya yang tertutup spakbor, bagian ini sering luput dari perhatian. Kalau sudah begini, mau tidak mau memang harus dilakukan penggantian dengan tabung as yang baru. Tabung as yang bagus dan berkualitas tentu saja yang direkomendasikan oleh pabrik. Berhubung harganya yang masih selangit dan saya memang tidak menyiapkan anggaran khusus untuk servis kali ini, opsi saya jatuhkan pada tabung as merek TSENG buatan Tiongkok dengan harga Rp95.000 sepasang.

Setelah semua part dipasang kembali, memang benar sensasi oblak itu pun hilang dan handling jadi lebih stabil. Meski bukan original part, kesan di awal penggunaan saya rasakan nyaman-nyaman saja. Tapi bagaimana setelahnya? Itulah yang ingin saya pantau berkaitan dengan kualitas merek ini. Tentunya hal ini harus dibarengi dengan perawatan yang baik pada part ini. Nantikan saja posting saya selanjutnya.

Salam!

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini