24 Juli 2015

Ganti Komstir Baru, Tapi Masih Oblak?

Setelah saya pakai nganter saudara berbelanja 25 kilogram daging ayam pascalebaran kemarin, saya merasakan oblak pada komstir Supra X 125 saya. Sensasi oblak seperti ini sebenarnya bukan sekali ini saya rasakan. Sebelum-sebelumnya juga pernah saya merasakannya dan solusinya adalah disetel ulang kekencangannya. Karena sudah jenuh untuk nyetel-nyetel ulang, saya pun berniat untuk mengganti komstir Supra x 125 saya. Mumpung ada duit.

Singkat cerita saya pun berkonsultasi ke sebuah bengkel di deket tempat kerja saya. Mereka membanderol Rp115.000 untuk harga komstir AHM sekaligus ongkos memasangnya. Nah, jadilah waktu jam istirahat kerja kemarin (23/07) saya antar Supra X 125 saya ke bengkel tersebut yang hanya berjarak sekitar 100-an meter. Karena saya harus kembali bekerja, maka si Supra pun saya tinggal di bengkel baru sorenya kemudian saya ambil.

Sepulang kerja, saya kembali menyambangi bengkel tersebut dengan berjalan kaki. Saat itu sang mekanik telah selesai memasang komstir untuk Supra X 125 saya. Dan ternyata, komstir yang terpakai selama ini di Supra X 125 saya bukanlah komstir asli dari AHM. Pantas saja selalu bermasalah. Setelah selesai memasang dan disetel, gejala oblak sudah tidak ada lagi. Dan saya pun pulang ke rumah. 

Konstir AHM. (Foto: anggiwirza.wordpress.com)
Setelah sampai di rumah, saya iseng mengetes kembali komstir Supra X 125 saya dengan cara menekan rem depan dan menekan kemudi sampai shockbreaker depan tertekan. Dan, “klek” bunyi itu muncul lagi. Nah lo, apa-apaan ini? Berbagai pertanyaan pun muncul sampai pada lahirnya tulisan ini. Meski sudah menggunakan komstir baru nan ori ternyata hal tersebut tidak serta merta mengatasi masalah oblak pada komstir. Dan sampai berita ini diturunkan saya belum mengkonsultasikannya kembali ke bengkel.

Mungkin ada yang bisa menjelaskan fenomena tersebut?

3 komentar:

  1. Sy juga mengalami masalah serupa bang. kalau menurut padagang onderdil, komstir Supra 125 sama dgn milik grand. Trus saya coba pasang. Dan ternyata memang ada clearen sekitar 0.2mm. entah kog ngak sama ky komstir bawaan pabrik. Yah terpaksa komstir nya sy pasang. Mungkin memang khalayak menganggap komstir untuk Supra 125 sama dgn grand karisma dan sejenisnya. Tp kenyataan nya masih ada clearen nya. Mungkin itu yg menyebabkan rasa Oblak. Mohon maaf kalau ada salahnya

    BalasHapus
  2. Kemarin saya jg ganti komstir om,,,,buat motor megapro,,,tp masih aja sama, msh bunyi cetok cetok gt aduh pusing....

    BalasHapus
  3. ane jg sm bang, kmren bru gnti komstir supra x 125.. memg gnti sndiri sih, trnyta stlah trpasang rapi ane cba test drive aman, cuma pas belok kanan itu trnyta baut 17 yg d tengah itu njaduk.. jg stlah ane fikir2 trnyta jumlah gotri yg trpasang d bagian komstir bwh kurang 1 biji krna jatoh gk kliatan, jd mgkn mslah d ats bsa krna jumlah gotri ny kurang bang.. info untuk bebek honda, gotri kumstir yg ats 23 biji dan yg bwh 29 biji.. cukup sekian trimakasih

    BalasHapus

Komentar Terkini