28 Januari 2015

Akhirnya Ganti Bohlam

Berhubung sudah hampir 2 minggu ini selalu pulang malam karena harus lembur sampai jam 8, maka timbul ide untuk mengganti bohlam headlamp pada Supra X 125 saya untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih terang saat pulang kerja. Setelah googling untuk membaca beberapa referensi, maka saya putuskan untuk menggantinya dengan bohlam halogen bening merek OSRAM dengan watt yang agak lebih besar dibanding bohlam yang terpasang sebelumnya, STANLEY 25 watt.
OSRAM Original. (Foto: tokopedia.net)
Maka sepulang lembur kemarin malam, saya sempatkan untuk mampir di sebuah bengkel yang buka sampai malam, tepatnya di sebuah bengkel dekat perlintasan kereta api Pasar Nongko, Solo untuk membeli bohlam tersebut. Dan ternyata di bengkel tersebut tersedia, bohlam OSRAM 35 watt kaca bening dihargai Rp15.000,- plus ongkos memasangnya Rp5.000,-. Malam itu juga langsung saya coba sambil berkendara pulang dan hasilnya sampai saat ini cukup memuaskan. Semoga saja akan begitu untuk hari-hari selanjutnya.

Bohlam halogen OSRAM Original memang memiliki kelebihan, yaitu cahayanya lebih terang dan fokus seperti bohlam standar, hanya saja bohlam ini juga memiliki kekurangan, yaitu jarak lampu dekat dan lampu jauh yang yang tak terlalu besar.

Itulah sedikit pengalaman saya, semoga berguna bagi Anda yang ingin juga mengganti bohlam headlamp dengan jenis halogen. Salam.

2 komentar:

  1. yang kesorot lampu di depan itu ada yang ngeluh silau nggak mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. O, masih dalam batas normal ini lampu. Masih ada unsur kuningnya, mirip lampu standar kondisi baru.

      Hapus

Komentar Terkini