25 November 2014

Bakung Oranye nan Menawan

Di awal musim hujan seperti sekarang ini, salah satu yang menjadi ciri khasnya adalah munculnya kembali tanaman berbunga dari jenis bawang-bawangan. Biasanya tanaman jenis bawang-bawangan ini pada musim kemarau tidak akan terlihat, sebab tinggal umbinya saja yang tersembunyi di dalam tanah. Setelah masuk musim penghujan, barulah tanaman jenis bawang-bawangan ini akan menyemikan daun-daunnya dan kemudian berbunga.
Amaryllis belladonna warna oranye. (Foto: flowershopnetwork.com )
Salah satu jenis tanaman bawang-bawangan yang cukup banyak terdapat di lingkungan tempat tinggal saya adalah jenis Amaryllis belladonna berwarna oranye atau orang-orang sering menyebutnya bakung oranye. Tanaman ini bila berbunga akan sangat menawan karena mampunyai ukuran bunga yang cukup besar dan setiap tangkai biasanya terdapat 2 hingga 4 buah bunga yang cantik.

Minggu (23/11) kemarin, saat pit-pitan ke kampung sebelah, tepatnya desa Gupit, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, saya banyak mendapati rumah yang memiliki tanaman bakung oranye di pekarangannya, hingga akhirnya saya mendapati sebuah pekarangan rumah kosong yang cukup banyak ditumbuhi bakung oranye dengan liar. Tanpa menunggu lama, saya pun berinisiatif mencari tetangga terdekat rumah kosong tersebut untuk meminta sedikit umbi bakung oranye tersebut untuk saya tanam di rumah. Singkat cerita, saya pun berhasil membawa pulang cukup banyak rimpang umbi bakung oranye yang memang belakangan ini ingin saya tanam

Cara Merawat
Perawatan tanaman bakung oranye tergolong mudah. Hanya saja kita perlu menjaga kelembapan tanahnya dengan cara menyiramnya sesekali, dan jangan terlalu basah. Bakung oranye cukup kuat walaupun ditanam di tempat yang terkena terik matahari langsung. Namun jika Anda menghendaki kualitas bunga yang maksimal, Anda bisa menanamnya di daerah berhawa sejuk.

Nah, Anda berminat menanamnya juga?

3 komentar:

  1. kalau yang ini kayaknya gak bisa hidup di tempat saya di riau, panasnya dahsyat.

    BalasHapus
  2. tak kira kembang terompet... :)

    BalasHapus

Komentar Terkini