05 November 2014

Ketika Angsana Berguguran

Ada fenomena alam unik yang terjadi setiap tahun di bulan Oktober dan November seperti sekarang ini di lingkungan kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Sekedar informasi, kompleks kampus UNS Solo yang juga biasa disebut sebagai kampus Kentingan ini banyak ditumbuhi oleh pohon bermacam-macam jenis. Pepohonan tersebut sengaja ditanam di awal kampus ini berdiri sebagai peneduh kompleks kampus yang terbilang cukup luas ini.

Salah satu jenis pohon yang cukup banyak terdapat di lingkungan kampus UNS tersebut adalah pohon angsana yang mempunyai nama latin Pterocarpus indicus. Angsana atau yang biasa disebut sonokembang ini dikenal sebagai tanaman penghasil kayu dengan kualitas yang sangat baik.

Di bulan Oktober – November seperti sekarang inilah waktu bagi pohon-pohon angsana tersebut berbunga. Bunga pohon angsana mempunyai kelamin ganda, berwarna kuning, dan berbau harum semerbak. Kelopaknya berbentuk seperti lonceng dan berdiameter sekitar 6 mm. Kelopak bunga yang hanya mempunyai umur satu hari ini dengan mudah akan berguguran setiap saat bila angin datang. Pemandangan jatuhnya kelopak-kelopak angsana inilah yang cukup mencuri perhatian banyak mahasiswa di kampus tersebut. Hingga tak jarang mereka kemudian mengabadikan moment indah ini dengan kamera. Fenomena unik ini mengingatkan kita akan gugurnya bunga-bunga sakura di Jepang, hanya saja yang di sini berwarna kuning. Dan berikut adalah beberapa foto indahnya gugurnya kelopak-kelopak angsana di kompleks kampus UNS Solo yang saya ambil dari beberapa blog milik mahasiswa UNS.
(Foto: esdaniar.blogspot.com)
(Foto: esdaniar.blogspot.com)
(Foto: esdaniar.blogspot.com)
(Foto: ikhwanowsky.blogspot.com)
(Foto: ikhwanowsky.blogspot.com)

5 komentar:

  1. waaaaahhhh...................... *speechless*

    BalasHapus
  2. ngangeni. bisa tuh buat wisata tahunan, sangat potensi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga ya, diadain semacam festival.

      Hapus
  3. ada yang mengatakan, pengen ngalamin musim gugur di Indonesia? KULIAH AJA DI UNS
    ~SOLO nganggenin

    BalasHapus

Komentar Terkini