15 November 2014

"Ai Ai Gasa", Cinta dalam Satu Payung

Budaya Jepang dikenal sebagai budaya yang banyak diikuti oleh sebagian muda-mudi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sehingga tak aneh bila banyak komunitas pecinta budaya Jepang yang bermunculan. Mereka selain berdiskusi juga sering mengadakan agenda budaya di sekolah-sekolah, kampus, ataupun mall. Tak jarang, ada juga yang mencoba mempraktikkan nilai-niai budaya tersebut dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Gambar Ai Ai Gasa. (Foto: Wikipedia)
Di lingkungan remaja, salah satu bentuk budaya yang mereka ikuti adalah kebiasaan menggambar Ai Ai Gasa dengan mencantumkan nama seseorang yang ditaksirnya dan nama yang bersangkutan. Seperti kebiasaan pasangan remaja di Amerika yang biasa mengukir nama mereka di batang pohon, pasangan Jepang mengekspresikan kasih sayang mereka dengan gambar Ai Ai Gasa.

Ai Ai Gasa secara harfiah berarti love-love umbrella, sedangkan dalam bahasa Jepang berarti berbagi dalam satu payung. Namun dalam kanji yang berbeda, ai berarti cinta, oleh karena itu sering juga diartikan sebagai cinta dalam satu payung.

Asal Usul
Di Jepang sebelum era modern seperti sekarang ini, kebiasaan pacaran bagi remajanya dinilai sangat kaku dan tabu. Bagi seorang gadis Jepang, tidak pantas untuk tampil di depan para pria yang bukan kerabatnya (ayah atau saudara laki-laki), sehingga hal tersebut menyebabkan muda-mudi Jepang kala itu tidak memiliki kesempatan untuk bertemu dengan pria atau gadis yang dicintainya.
Ai Ai Gasa. (Foto: favim.com)
Di sisi lain, Jepang memiliki musim hujan yang cukup panjang yang disebut tsuyu, di mana payung (kasa) telah menjadi perlengkapan wajib bagi kebanyakan warga Jepang yang bepergian. Di Jepang, seorang pria boleh saja meminta pada seorang wanita untuk berbagi payung saat hujan. Kondisi ini kemudian memunculkan ide dan kesempatan untuk bersamaan berdua dengan pria atau gadis yang menjadi pujannya dalam satu payung saat hujan turun. Keromantisan perilaku satu payung dalam hujan inilah yang kemudian menjadi simbol yang digunakan untuk menunjukkan sepasang kekasih yang saling mencintai. 

Referensi:
http://bestuff.com/stuff/ai-ai-gasa
https://japan-cc.com/umbrella.htm
http://it.wikipedia.org/wiki/Ai_ai_gasa

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini