02 Oktober 2014

Sejarah Pencanangan Hari Batik Sedunia

Hari ini, tepat 5 tahun yang lalu, yaitu tanggal 2 Oktober 2009, badan PBB yang menangani urusan pendidikan, ilmu pengetahuan, serta kebudayaan, UNESCO menetapkan batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Hari itulah yang kemudian dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia sebagai Hari Batik Nasional. Tak hanya sebagai Hari Batik Nasional, rupanya UNESCO juga juga menetapkan hari itu sebagai Hari Batik Sedunia.
Batik diadaptasi ke dalam gaya busana modern. (Foto: solopos.com)
Untuk dapat diakui oleh dunia, Pemerintah Indonesia harus menempuh jalan yang cukup panjang. Diawali dengan proses penominasian batik Indonesia ke UNESCO pada tanggal 3 September 2008, Pemerintah Indonesia harus menunggu lebih kurang 4 bulan untuk untuk dapat diproses lebih lanjut. Salah satu hal yang mendasari Pemerintah Indonesia mendaftarkan batik ke UNESCO adalah kasus pengklaiman Malaysia atas batik Indonesia. Hal inilah yang memancing reaksi Pemerintah Indonesia untuk mendaftarkan batik ke UNESCO.

Beberapa bulan setelah diterima UNESCO, tahap selanjutnya yang ditempuh dalam proses pengakuan batik ialah pengujian tertutup yang digelar di Paris pada tanggal 11 – 14 Mei 2009. Dan akhirnya, hari Rabu 2 Oktober 2009, UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar representatif Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi di kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pengakuan UNESCO tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan mengeluarkan Kepres No. 33 Tahun 2009 yang menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.
Proses pembuatan batik. (Foto: ENESCO on Google+)
Menurut UNESCO, batik layak dikategorikan sebagai warisan dunia mengingat dalam batik Indonesia terdapat banyak simbol yang berkaitan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, lingkungan alam, dan sejarah.

Akhirnya, saya ucapkan Selamat Hari Batik Sedunia!

Referensi: teknologi.inilah.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini