16 Oktober 2014

Sakelar yang Ditukar

Ini adalah pengalaman saya menggunakan Honda BeAT-FI 2014 punya istri yang baru 2 bulan dipinang dari dealer. Seperti kita tahu (walaupun sebenarnya tak banyak dari kita yang tahu) bahwa sejak tahun 2009 kemarin, satu persatu produk Honda memiliki inovasi di panel sebelah kiri, yaitu menukar posisi sekaler klakson dan lampu sein, termasuk pada tipe Honda BeAT-FI keluaran Mei 2014 seperti milik istri saya. Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan dengan tipe sekelar ‘terbalik’ seperti itu pasti tidak ada masalah, tapi bagi saya terutama yang sehari-hari masih menggunakan Honda Supra X 125 keluaran 2006, cukup menjadikan ‘kepanikan’ tersendiri ketika sedang riding. Mungkin karena belum terbiasa dengan posisi sekaler seperti itu, sehingga mengakibatkan kelucuan tersendiri saat berkendara. Niatnya ingin belok, eh malah nglakson.
Posisi sakelar klakson dan lampu sein yang ditukar. (Foto: duarodaku.blogspot.com)
Alasan Honda
Ternyata pihak Honda punya alasan tersendiri mengenai hal tersebut. Menurut Ary Yuanto, Analyst Safety Riding & Motorsport Departement PT AHM, posisi tangan di sebelah kiri lebih mudah menjangkau tombol di paling bawah daripada yang di atasnya. Itulah alasan kemudian posisi tombol sein dipindahkan ke bawah. Tambahnya, Honda ingin pengendara lebih mudah mengoperasikan tombol sein agar tetap aman dalam berkendara, karena memang lampu sein adalah perangkat penting dalam keselamatan berlalu lintas.

Anda mungkin punya pengalaman serupa?

Referensi: motor.otomotifnet.com

2 komentar:

  1. ganti motor memang selalu ganti "habit' ya mas...
    kadang kalo pinjem motor matic juga kakiku masih nyari-nyari pedal buat diinjek. maklum kebiasaan bawa motor yang model nginjek-nginjek pedal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kadang ini kaki juga masih sering nyari2 persneling di motor tipe begituan...

      Hapus

Komentar Terkini