18 Oktober 2014

Nostalgia Buku "Bermain Dengan Pengetahuan"

Ini adalah pengalaman saya ketika duduk di bangku SMP, tepatnya di SMP Negeri 20 Surakarta. Ketika masih duduk di bangku SMP saya tergolong siswa yang gemar meminjam buku di perpustakaan. Setiap istirahat saya sempatkan berkunjung ke perpustakaan, kemudian meminjam beberapa buku untuk dibaca di rumah.

Ada beberapa buku perpustakaan yang menjadi favorit saya kala itu. Saking favoritnya, saya sering meminjam buku-buku tersebut lebih dari sekali untuk dibaca ulang di rumah. Dan salah satu yang menjadi favorit saya adalah sebuah buku berjudul Bermain Dengan Pengetahuan yang diterbitkan oleh penerbit Angkasa Bandung bekerja sama dewngan Otto Maier Verlag Ravensburg. Buku aslinya berjudul Spiel-das Wissen schafft karangan Dr. Thomas von Randow.
Sampul asli buku Bermain Dengan Pengetahuan. (Foto: ricardo.ch)
Buku Bermain Dengan Pengetahuan tersebut terdiri atas 3 jilid dan setiap buku berisi 200 halaman berisi eksperimen-eksperimen sederhana yang menerapkan pengetahuan kimia, fisika, serta teknik yang dapat kita ikuti dengan alat dan bahan yang mudah kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu bentuk eksperimen dalam buku tersebut berjudul Sabun Sebagai Bahan Penggerak. Dalam eksperimen tersebut diinstruksikan untuk membelah ujung bawah batang korek api, kemudian menyisipkan sabun lunak pada celah tersebut. Bila batang korek api tersebut diletakkan pada baskom yang berisi air, maka selama beberapa waktu batang korek api tersebut akan bergerak.

Penjelasannya sebagai berikut. Sabun yang lambat laun larut, akan merusak tekanan permukaan air sedikit demi sedikit. Terjadilah gerakan molekul zat cair ke belakang (mundur), dan sebagai reaksinya mengakibatkan gerak maju batang korek api tersebut. Dengan setetes sabun cuci cair sebagai pengganti sabun lunak, gerakan itu akan berlangsung sangat cepat.

Itulah sedikit bentuk permainan dan eksperimen dalam buku Bermain Dengan Pengetahuan yang sebagian besar sudah saya praktikkan dulu sewaktu masih di bangku SMP. Kejadian-kejadian sederhana berkaitan dengan hukum fisika, kimia, maupun teknik ada baiknya diketahui oleh anak-anak usia SD maupun SMP, dan buku tersebut layak menjadi buku pendamping bagi siswa-siswa SD/SMP dalam memahami fisika, kimia, atau teknik.

Data buku
Judul asli: Spiel-das Wissen schafft
Pengarang: Thomas von Randow
Penerbit: Angkasa Bandung (1984)
ISBN: 979-404-817-8

Referensi: secondscienceedu.files.wordpress.com, dm.sch.id

2 komentar:

  1. mas, aku udah hampir 15 tahun nyari buku ini. ga ingat judulnya, cuma ingat gambar depannya dan sejuta kenangan manis bermain2 sambil coba eksperimen yang ada di dalam buku ini. aku ingat sedih sekali waktu kepompong yang kuambil, masukin box, simpen di kamar ga keluar2, eh ternyata kepompongya kosong. sekali lagi, terima kasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cari di kios buku buku bekas mgkn masih ada...

      Hapus

Komentar Terkini