09 September 2014

"Gol Ganti", Bentuk Sederhana Permainan Sepak Bola

Mungkin banyak di antara Anda yang masih asing dengan istilah permainan gol ganti. Gol ganti adalah permainan sepak bola yang prinsip bermainnya mirip dengan three on three pada permainan bola basket. Di beberapa daerah di Jawa Tengah ada yang menyebutnya dengan istilah semarangan.

Permainan ini tidak membutuhkan lapangan dengan ukuran tertentu. Asal ada sedikit tanah lapang, kita bisa memainkannya dengan teman-teman. Jumlah pemainnya pun tidak ada patokan, hanya dengan sedikitnya tiga orang pemain kita sudah bisa memainkannya dengan penuh keseruan. Kita hanya membutuhkan sebuah bola dan sebuah gawang di salah satu sisi lapangan.

Cara bermainnya, pertama-tama semua pemain berkumpul di tengah lapangan dengan gawang yang dibiarkan kosong tanpa penjaga gawang. Kemudian bola dilambungkan ke atas oleh salah satu pemain dan mulailah bola tersebut diperebutkan olah semua pemain untuk dimasukkan ke dalam gawang. Ingat, dalam permmainan ini semua pemain adalah lawan, jadi dengan memainkan permainan ini secara otomatis skill individu kita akan terlatih.
Keseruan saat memainkan permainan gol ganti. (Foto: archief.rnw.nl)
Bila ada pemain yang berhasil memasukkan bola ke gawang, maka pemain tersebut akan menjadi penjaga gawang dan akan mendapat serangan dari pemain-pemain yang lain. Bila ada pemain lain yang berhasil membobol gawang, maka penjaga gawang akan digantikan dengan pemain yang mencetak gol tersebut. Inilah barangkali yang menjadi alasan permainan ini dinamakan gol ganti, sebab bila terjadi gol maka penjaga gawang akan diganti.

Permainan ini bukanlah permainan yang serius dengan aturan yang serba ketat, di tengah bermain kita justru akan lebih banyak tertawa karena memang permainan ini hanya untuk kesenangan dan hiburan saja. Paling tidak seperti itulah pengalaman masa kecil saya dulu. Kebetulan di depan rumah saya ada sebuah sekolah dasar yang mempunyai halaman cukup luas. Bila sore tiba, saya dan teman-teman sekampung biasanya bermain sepak bola di halaman SD tersebut dengan bola plastik yang waktu itu kami beli dengan cara patungan. Tak jarang ketika cuaca hujan pun kami tetap memainkan permainan ini dengan banyak tawa. Kepuasan batinlah yang ada di pikiran kami saat itu, tak peduli cuaca hujan bahkan panas berdebu, yang penting kami bisa tertawa bermain bersama.

Bagaimana dengan pengalaman Anda?

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini