03 Juni 2014

Ruas Jalan Rusak di Kota Solo

Sebagai sebuah kota yang modern, keberadaan sarana dan prasarana publik, terutama dalam hal transportasi tentunya menjadi sebuah kemutlakan yang tidak bisa ditawar. Mobilitas warga perkotaan yang cukup tinggi perlu didukung dengan keberadaan sarana dan prasarana transportasi yang memadai dan nyaman.
Perbaikan Jl Juanda Solo. (Foto: joglosemar.co)
Kota Solo sebagai kota yang terus berkembang, juga sadar akan hal tersebut. Banyak terobosan yang telah dilakukan oleh Pemkot Solo untuk menciptakan sebuah sistem transportasi massal yang aman, nyaman, dan mudah. Selain memperkenalkan berbagai moda transportasi massal, semisal Batik Solo Trans kepada warganya, perbaikan dan penambahan sarana pendukung seperti jalan dan rambu-rambu juga terus dilakukan.

Menurut saya, jalan kota di kota Solo secara umum memang sudah cukup bagus. Namun harus diakui pula, ada cukup banyak ruas jalan yang butuh perbaikan dan bahkan penanganan khusus. Coba tengok saja Jl. Veteran (jalan provinsi) yang menjadi jalur lingkar selatan di kota Solo. Kondisi ruas jalan tersebut tidak semuanya rata, ada sebagian ruasnya yang bergelombang bahkan berlubang. Hal tersebut mungkin terjadi karena banyak kendaraan berat (bus dan truk) yang melewatinya.

Selain Jl. Veteran, kondisi yang sama juga dialami oleh Jl. Perintis Kemerdekaan (jalan kota), tepatnya perempatan Solo Center Point ke selatan. Menurut pantauan langsung penulis, kondisi jalan tersebut cukup mengkhawatirkan mengingat letaknya yang berada di tengah kota. Jl. Perintis Kemerdekaan sebagian lajurnya mengalami sedikit penurunan (njeglong) sebagai dampak dari galian pipa di bawahnya.

Bergeser ke arah timur, Jl. Juanda (jalan provinsi) juga tak berbeda jauh. Kondisinya pun rata-rata bergelombang, terutama dari perempatan Nglipakan (Jagalan) ke arah timur hingga menjelang underpass Jurug (saat tulisan ini dibuat, proyek perbaikan Jl. Juanda tengah dilakukan).

Di antara ruas-ruas jalan rusak tersebut, ada salah satu ruas jalan rusak yang menurut salah seorang forumer di Skyscrapercity Solo Raya, Shaggy merupakan jalan yang tak bertuan, yaitu Jl. Pakel bagian utara (Jl. Pakel adalah ruas jalan di sebelah Fave Hotel Adi Sucipto ke utara). Menurutnya, jalan tersebut tidak masuk dalam wilayah administratif kota Solo, sedangkan Pemkab Karanganyar sendiri juga merasa tidak memiliki jalan tersebut. Inilah mungkin yang disebut jalan tak bertuan.

Itulah beberapa contoh ruas jalan rusak di kota Solo yang membutuhkan perbaikan. Untuk memperbaikinya memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, mengingat tidak semua jalan rusak di kota Solo menjadi kewenangan penuh Pemerintah Kota Solo dalam hal perbaikannya. Di kota Solo sendiri ada ruas-ruas jalan yang dikategorikan menjadi jalan nasional, jalan provinsi, juga jalan kota.

Jalan nasional adalah jalan arteri dan jalan kolektor dalam sistem jaringan jalan primer yang menghubungkan antaribukota provinsi dan jalan strategis nasional, serta jalan tol. Adapun jalan provinsi adalah jalan kolektor dalam sistem jaringan primer yang menghubungkan ibukota provinsi dengan ibukota kabupaten/kota, atau antaribukota kabupaten/kota, dan jalan strategis provinsi. Sedangkan jalan kota adalah jalan umum dalam sistem jaringan sekunder yang menghubungkan antarpusat pelayanan dalam kota.

Menurut data yang saya peroleh dari website Dirjen Bina Marga Jawa Tengah, ada enam jalan di kota Solo yang dikategorikan sebagai jalan nasional, yaitu Jl. Slamet Riyadi, Jl. Ahmad Yani, Jl. Tentara Pelajar, Jl. Adi Sucipto, Jl. Kol. Sutarto, dan Jl. Ir. Sutami. Sedangkan yang terkategorikan sebagai jalan provinsi adalah Jl. Brigjen Sudiarto, Jl. Veteran, Jl. Bhayangkara, Jl. Dr. Radjiman, Jl. Agus Salim, Jl. Slamet Riyadi, Jl. Kapt. Mulyadi, dan Jl. Juanda.

Itulah ulasan mengenai jalan-jalan rusak di kota Solo yang butuh perbaikan segera. Memang tidak semuanya menjadi tanggung jawab penuh Pemkot Solo, namun paling tidak Pemkot Solo bisa melakukan upaya agar proses perbaikan bisa dilakukan sesegera mungkin oleh pihak yang berwenang. Semoga bermanfaat.

Unduh daftar jalan nasional di Jawa Tengah
Unduh daftar jalan provinsi di Jawa Tengah

Referensi: Wikipedia, Bina Marga Jateng; Narasumber: Shaggy (Skyscrapercity Solo Raya)

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini