24 Mei 2014

Soto Lamongan Bu Herli, Colomadu

Apa yang ada di benak Anda bila mendengar kata Lamongan? Masakan dari hasil laut kah? Atau soto? Ya, soto lamongan adalah salah satu kuliner khas Lamongan yang sudah dikenal di mana-mana. Jadi tak heran bila makanan tersebut menjadi icon kuliner kota Lamongan.

Saat ini warung soto lamongan sudah banyak terdapat di mana-mana, maka tak heran bila resep soto lamongan pun semakin bervariasi. Salah satu ciri soto lamongan adalah warnanya yang kuning berminyak dengan tambahan aneka rempah di dalamnya. Untuk isiannya, biasanya ada suwiran daging ayam, irisan tomat, kol, daun bawang, bihun, daun seledri, dan irisan telur. Sebagai penambah cita rasa yang khas, juga ditambahkan serbuk koya yang gurih yang terbuat dari kerupuk udang dan udang kering yang dihaluskan.
Soto lamongan. (Foto: ununaish.wordpress.com)
Di sekitar kota Solo, ada sebuah warung soto lamongan yang menjadi langganan saya, yaitu warung soto lamongan Bu Herli yang terletak di depan kantor Kecamatan Colomadu, Karanganyar. Tepatnya sekitar 5 menit perjalanan ke arah barat dari gapura batas kota Solo di Jl. Adi Sucipto. Meski tidak sering mampir, warung Bu Herli selalu menjadi pilihan bila kebetulan saya ingin menikmati soto lamongan di jam-jam makan siang. Selain karena mempunyai aroma yang khas dan tempatnya yang tidak begitu jauh dari tempat saya bekerja, faktor harga juga merupakan salah satu alasan saya memilihnya.

Soto memang menjadi menu utama warung ini, meski begitu Anda mempunyai aneka pilihan lauk untuk menemani makan Anda, seperti telur puyuh, kerupuk, tempe goreng, tahu goreng, sab sebagainya. Warung ini buka dari pagi di jam sarapan sampai menjelang sore sekitar jam 15.00 WIB. Jadi, bagi Anda yang ingin mencoba pengalaman menikmati soto lamongan yang ada di kota Solo, silakan Anda bisa mencobanya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini