19 April 2014

Soto Gunung, Nguter Sukoharjo

Bila pada tulisan terdahulu saya pernah membahas pengalaman kuliner saya mengenai soto ayam Remaja Widoro yang terletak di depan SPBU Kepuh Sukoharjo, maka pada tulisan kali ini saya ingin membagi sedikit pengalaman saya mengenai warung soto, yang bisa dibilang merupakan rival bagi warung soto Remaja Widoro, paling tidak di hampir setahun belakangan ini.

Soto Gunung, begitulah nama sekaligus brand yang disematkan pada warung tersebut. Terletak di tepi jalan Sukoharjo – Wonogiri, tepatnya sekitar 1 kilometer ke arah selatan SPBU Kepuh, Sukoharjo. Saya tidak tahu persis alasan pemberian nama Soto Gunung pada warung tersebut, namun bila melihat keadaan lingkungan sekitar, yaitu terlihatnya deretan pegunungan indah di sebelah selatan Kabupaten Sukoharjo dari warung tersebut, maka bisa dipastikan hal inilah yang menjadi alasan pemilihan nama Soto Gunung bagi warung tersebut. Memang, bila kita duduk di warung tersebut dan melemparkan pandangan ke arah barat daya, akan terlihat areal persawahan dengan deretan perbukitan kapur yang membentang dari Kab. Wonogiri hingga di perbatasan Kab. Sukoharjo (baca juga: Gunung yang Mengusik Rasa Penasaran Saya).
Ilustrasi soto daging sapi. (Foto: masalan.asia)
Soto Gunung menyediakan dua varian menu utama, yaitu soto daging sapi dan soto ayam kampung. Untuk kedua menu tersebut, masing-masing dihargai Rp5.000,- per porsinya (data April 2014). Takaran per porsi yang tidak terlalu banyak, sangat pas bila kita melahapnya sebagai menu sarapan di awal hari. Kondisi persawahan yang sejuk di sekitar warung serta kebersihan warung yang senantiasa terjaga, saya yakin akan memengaruhi selera makan saat kita mampir di warung tersebut.

Seperti kebanyakan warung soto, selain menu utama soto tentunya, warung Soto Gunung juga menyajikan aneka lauk pendamping seperti tahu dan tempe goreng, bakwan, telur asin, dan sebagainya. Untuk minuman, kita bisa memesan teh panas, es teh, ataupun es jeruk, sesuai selera kita. Memang secara keseluruhan warung ini tidak menawarkan sesuatu yang menonjol dari kebanyakan warung soto yang ada, namun harga yang sangat terjangkau serta kebersihan warung yang selalu diperhatikan oleh pengelolanya menjadikan warung ini sedikit memiliki kelebihan menurut saya. Pelayanan yang ramah dan cekatan juga bisa saya bilang menjadi kelebihan warung ini. Jadi, bila Anda kebetulan melintas di jalur Sukoharjo – Wonogiri di pagi atau siang hari, silakan Anda menyempatkan diri untuk mampir dan mencicipi segar dan terjangkaunya Soto Gunung ini. Selamat mencoba!

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini