28 April 2014

Lezatnya Bubur Es Kacang Hijau, Pasar Nguter, Sukoharjo

Kuliner lezat tak selalu kita dapatkan di resto mahal ataupun hotel berbintang. Di warung-warung sederhana pun, kita dapat juga menemukan aneka kuliner lezat dengan ciri khas masing-masing. Dan kali ini saya akan bercerita sedikit tentang warung bubur kacang hijau yang terletak di halaman parkir Pasar Nguter, Sukoharjo Jawa Tengah.

"Bubur Es Kajang Ijo", begitulah tulisan yang ada di spanduk lusuh di warung tersebut. Memang cukup sederhana warungnya, hanya ada gerobak bubur, dan beberapa buah kursi panjang untuk tempat duduk pembeli sambil menikmati harum dan lezatnya bubur kacang hijau. Meski begitu, harum aroma bubur dan rasanya, bisa saya bilang tidaklah sederhana.
Ilustrasi bubur kacang hijau. (Foto: resep-masakan-baru.blogspot.com)
Di warung ini, bubur kacang hijau bisa disajikan dalam dua penyajian, yaitu disajikan hangat atau menggunakan es batu yang diserut. Yup, es batunya memang diserut dan ditambahkan susu dan sirup di atasnya. Awalnya saya mengira hal tersebut adalah es serut, namun setelah memesannya, saya baru tahu es bubur kacang hijau di warung ini disajikan dengan cara yang sedikit unik, yaitu dengan es baru yang diserut. Aroma bubur yang harum, serta komposisi antarkomponen seperti santan, ketan hitam, kacang hijau, dan sedikit tambahan irisan roti tawar yang pas, membuat warung ini cukup ramai di malam hari.

Menurut cerita istri saya, warung bubur tersebut memang sudah ada sejak lama. Keberhasilan warung tersebut dalam menjaga kualitas menjadikan warung tersebut tetap eksis sampai sekarang ini. Soal harga, Anda tak perlu risau sebab satu mangkok bubur kacang hijau di warung tersebut dibanderol dengan harga Rp3500,- (data April 2014). Cukup murah bukan? So, bagi Anda yang kebetulan melintas di depan Pasar Nguter Sukoharo saat malam hari, tak ada salahnya Anda mampir dan ikut mencicipi lezatnya bubur kacang hijau di warung tersebut.

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini