07 April 2014

Nilai Semangat dalam Mars Pemilu Era Orde Baru

Dua hari lagi, negeri kita tercinta akan menggelar pemilihan umum legislatif guna memilih anggota-anggota DPR, DPD, dan DPRD. Pelaksanaan kampanye pun telah dilaksanakan tanggal 11 Januari – 5 April 2014 kemarin. Jelang pelaksanaan Pemilu 9 April besok, ada sisi nostalgi yang datang ke memori saya, yaitu lagu Mars Pemilu di era kemimpinan Presiden Soeharto.
Pemilihan Umum. (Foto: sahardeni-photos.blogspot.com)
Sewaktu saya kecil, di era di mana arus informasi masih dikendalikan oleh pemerintah pusat, Televisi Republik Indonesia, yang pada masa itu menjadi satu-satunya saluran televisi yang bisa ditangkap siarannya secara nasional, setiap memasuki Pemilu tak henti-hentinya menayangkan lagu Mars Pemilu ini di jam-jam siarannya. Saya belum menemukan informasi tentang siapa penggubah lagu tersebut, hanya saja lirik lagu tersebut sebetulnya mencerminkan antusiasme, semangat, dan kecerian. Dan itulah yang menjadi ciri  lagu-lagu mars. Berikut adalah lirik lagu tersebut.

Pemilihan Umum telah memanggil kita
S’luruh rakyat menyambut gembira
Hak Demokrasi Pancasila
Hikmah Indonesia merdeka

Pilihlah wakilmu yang dapat dipercaya
Pengemban Ampera yang setia
Di bawah Undang-Undang Dasar ‘45
Kita menuju ke Pemilihan Umum

Dari lirik tersebut, ada beberapa nilai moral yang bisa kita wujudkan dalam pemilu besok, yaitu tentang kegembiraan, hak, dan demokrasi. Lagu tersebut juga rakyat Indonesia untuk menyambut dengan gembira serta menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya. Dan itulah yang menurut lagu tersebut, sebagai hikmah dari Indonesia merdeka. Jadi sudah sepantasnya bila kita juga antusias dalam mensukseskan pemilu esok.

Selamat menggunakan hak pilih Anda!

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini