12 Maret 2014

Pedoman Memberi Nama pada Anak

Bulan ini, hampir 6 bulan usia kandungan istri saya. Menurut hasil pemeriksaan USG bulan kemarin, diprediksi calon anak pertama kami berjenis kelamin laki-laki. Hal tersebut kemudian kami respons dengan mulai memikirkan nama yang cocok untuk buah hati kami nantinya. Berbagai referensi pun kami baca, mulai dari memilih-milih kata dari bahasa Sanskerta, Arab, dan juga Barat, sampai memadupadankan kata-kata tersebut menjadi sebuah nama yang tidak pasaran, mudah diucapkan dan diingat, serta memiliki arti yang luhur.
Ilustrasi bayi laki-laki. (Foto: ibuhamilbayisehat.blogspot.com)
Bagi Anda yang barangkali juga sedang memikirkan nama untuk calon buah hati Anda, berikut sedikit tips yang bisa Anda jadikan pedoman dalam memberikan nama untuk buah hati Anda.

Nama adalah doa
Nama adalah doa. Itulah pendapat yang selama ini berkembang pada masyarakat kita. Sebagai orang tua,  tentu saja kita mengharapkan, kebaikan akan selalu datang pada anak kita. Untuk itu, pilihlah nama yang mengandung doa/harapan yang bagus sesuai harapan yang kita cita-citakan.

Minimal dua kata, namun jangan terlalu panjang
Jangan memberikan nama anak yang hanya terdiri atas satu kata. Di zaman dulu memberi nama anak dengan satu kata dirasa lebih simpel dan mudah, namun di zaman modern seperti sekarang ini, hal tersebut akan sedikit menjadi hambatan ketika anak kita mengurus paspor ataupun visa yang notabene menyediakan dua form nama, yaitu first name dan last name.

Ketahui artinya
Sebagai orang tua yang memberikan nama, tentu saja kita harus tahu arti nama yang kita berikan tersebut. Jangan hanya terpaku pada bantuk/pengucapan nama yang bagus saja, namun memiliki arti yang kurang bagus.

Jangan memakai nama artis
Mungkin banyak dari kalangan masyarakat kita yang gemar menamai anaknya dengan nama artis yang sedang naik daun. Perlu Anda ketahui bahwa ketenaran sang artis tersebut tidaklah berlangsung lama, bahkan bisa saja sang artis tersebut secara mendadak tersangkut kasus yang memalukan, sebut saja narkoba ataupun yang lainnya. Untuk itu, jangan memberikan nama artis yang sedang tenar pada anak kita, dengan harapan anak kita kelak dapat menjadi dirinya sendiri.

Itulah sedikit tips yang saya rangkum dari anakmaju.blogspot.com, semoga bisa mengurangi kebingungan Anda ketika mencarikan nama untuk calon buah hati Anda.

Referensi: anakmaju.blogspot.com

4 komentar:

  1. selamat ya mas...

    nambahi ya mas...
    hindari nama awal dengan abjad A... gak enak kalo pas absen di kelas, sering dapat kena tunjuk maju.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, trims..

      Ha, nyindir aku ki... A = Arie :P

      Hapus
    2. nama saya juga diawali dengan huruf A koq mas... jadi bukan nyindir :)

      btw lagi galau ya mas... theme-nya ganti mulu... :piss

      Hapus
    3. Haha...

      Iya nih, pengen ganti template yg responsive, macam motor gitu.. :D :D

      Hapus

Komentar Terkini