10 Maret 2014

Mencicipi Gurihnya Wader Goreng Khas Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri

Berkunjung ke objek wisata alam, rasanya tak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas daerah yang bersangkutan. Seperti halnya bila kita berkunjung ke Waduk Gajah Mungkur di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Waduk Gajah Mungkur adalah nama yang tidak bisa dipisahkan begitu saja dengan Kabupaten Wonogiri. Bahkan Waduk Gajah Mungkur adalah ikon wisata yang sangat identik dengan Kabupaten Wonogiri.

Waduk Gajah Mungkur terletak di sebelah selatan jantung kota Wonogiri, yaitu sekitar 46 km dari kota Solo. Waduk Gajah Mungkur dibangun semasa pemerintahan Presiden Soeharto dan membendung aliran Sungai Bengawan Solo sebagai irigasi untuk daerah Wonogiri, Sragen, dan Klaten. Selain sebagai pencegah banjir, PLTA, dan irigasi, Waduk Gajah Mungkur juga difungsikan sebagai objek wisata. Pemandangannya yang elok dikelilingi pegunungan karst serta rimbunnya pepohonan di sepanjang jalan menuju tempat tersebut, membuat Waduk Gajah Mungkur menjadi objek wisata paling digemari di Kabupaten Wonogiri.
Pemandangan indah Waduk Gajah Mungkur. (Foto: Stefanus Ajie/kratonpedia.com)
Di Waduk Gajah Mungkur, pengunjung bisa berkeliling menggunakan perahu sewaan, bermain gantole, memancing, dan menikmati lezatnya aneka kuliner khas Waduk Gajah Mungkur, seperti ikan bawal goreng, ikan nila goreng, ikan patin goreng, kutuk goreng, wader goreng, dan sebagainya. Di antara aneka olahan kuliner khas tersebut, wader goreng adalah menu yang paling difavoritkan oleh para pengunjung.

Wader adalah jenis ikan air tawar suku Cyprinidae berukutan sekitar sebesar jari kelingking. Ikan ini hidup secara bergerombol di sungai, kolam, ataupun perairan yang jernih. Awalnya ikan jenis ini memiliki nilai jual yang rendah, namun setelah dilakukan inovasi dalam pengolahan dan penyajiannya, nilai jual ikan ini sedikit mengalami peningkatan. Di warung-warung sekitar Waduk Gajah Mungkur, wader goreng dihargai sekitar Rp7.500 sampai Rp10.000 per porsinya. Untuk dibawa pulang, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp40.000 sampai Rp50.000 per kilogramnya.
Aneka kuliner khas Waduk Gajah Mungkur. (Foto: tribunnews.com)
Warung yang menyajikan aneka olahan wader memang banyak terdapat di sekitar Waduk Gajah Mungkur. Anda bisa menjumpainya di sebelah barat waduk, di sisi sepanjang jalan raya Pracimantoro – Wonogiri. Sambil menikmati suasana alam yang masih asri, Anda bisa memanjakan lidah dengan menyantap wader goreng ini. Untuk itu, bagi Anda yang sedang mengagendakan berwisata di wilayah kota Solo dan sekitarnya, tak ada salahnya Anda juga berkunjung ke Waduk Gajah Mungkur dan mencicipi lezatnya wader goreng khasnya. Selamat berlibur.

Referensi: kratonpedia.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini