25 Maret 2014

Catatan Ringan Jelang Trimester Ketiga Kehamilan

Kamis malam 20 Maret kemarin, saya dan istri menjalani prosesi mitoni, yaitu sebuah ritual selamatan pada masyarakat Jawa yang dilakukan pada saat seorang wanita hampir menginjak bulan ketujuh usia kehamilan. Mitoni berasal dari kata pitu yang berarti tujuh. Mitoni dilakukan dengan maksud mengharap keselamatan dan keberkahan dari Tuhan bagi ibu dan bayi yang hendak dilahirkan nantinya.

Pasca mitoni, tentu saja usia kehamilan istri saya berangsur mulai menginjak bulan ketujuh kehamilan. Ada banyak perubahan yang mengiringi seorang wanita saat memasuki usia kehamilan di trimester ketiga (usia 7 bulan ke atas). Seiring membesarnya kandungan, maka beban yang ditanggung oleh tubuh pun semakin berat. Postur tubuh yang cenderung condong ke depan dan aktifnya hormon kehamilan membuat persendian tulang belakang menjadi melunak, dan akibatnya muncul keluhan nyeri dan pegal pada pinggang bagian belakang ibu hamil.
Ilustrasi kehamilan di trimester ketiga. (Foto: essentialbaby.com.au)
Keluhan umum yang lain adalah meningkatnya produksi keringat, varises, serta pembengkakan di bagian kaki dan tangan dikarenakan penimbunan cairan di dalam tubuh. Hal tersebut bisa diatasi dengan cara jangan terlalu lama berdiri dan memperbanyak istirahat dengan kaki diselonjorkan di atas bantal atau guling.

Untuk menjaga kebugaran di trimester ketiga, olahraga memegang peran penting. Selain itu, hal tersebut juga sangat membantu tubuh mempersiapkan persalinan. Dan senam hamil menjadi hal yang dianjurkan di trimester ini. Pertumbuhan janin yang berkembang cukup pesat membutuhkan energi yang cukup besar pula untuk menanggung beratnya. Untuk itu kebutuhan gizi ibu hamil menjadi hal yang sangat penting. Cukupilah kebutuhan gizi selama trimester ini dengan cara menyediakan cemilan yang kaya akan protein, vitamin, mineral, kalori, lemak, garam, dan gula seperti pada buah-buahan, kue beras, salad, yoghurt, dan milkshake. Lakukan kebiasaan ini, 2 atau 3 kali dalam sehari secara teratur.

Itulah sedikit catatan kecil menjelang trimester 3 kehamilan. Dengan harapan semua akan berjalan dengan baik-baik saja sampai pada saat persalinan nanti. Tulisan ini pun semoga juga bermanfaat bagi Anda yang tengah bersiap menantikan kelahiran buah hati Anda. Salam.

Referensi: parenting.co.id

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini