18 Februari 2014

Tentang Jargon "Aku Rapopo"

Dunia remaja di media sosial seakan selalu menghadirkan jargon-jargon unik dan lucu. Jargon-jargon tersebut menyebar dan menjadi populer khususnya di kalangan remaja pengguna media sosial seperti Facebook, Twitter, ataupun BlackBerry Messenger (BBM). Bila di waktu-waktu yang lalu kita cukup akrab dengan jargon woles, cius miapah, dan masih banyak lagi, maka belakangan sedang ngetren sebuah jargon yang kental sekali dengan nuansa Jawa, yaitu aku rapopo.
Aku Rapopo. (Foto: memecrunch.com)
Aku rapopo berasal dari kalimat dalam bahasa Jawa, aku ora opo-opo yang disingkat menjadi aku ra popo. Bila diartikan dalam bahasa Indonesia adalah aku tidak apa-apa atau aku baik-baik saja. Dan dalam bahasa Inggris sangat tepat bila diterjemahkan menjadi I’m OK ataupun I’m fine. Sesuai artinya, aku rapopo sangat tepat bila digunakan dalam situasi galau, namun yang bersangkutan berusaha untuk kuat dan tabah.

Booming-nya jargon aku rapopo ini kemudian memicu para pengguna media sosial untuk berkreasi menciptakan gambar-gambar lucu hasil editan mereka yang kemudian disebar melalui akun-akun media sosial, seperti Facebook, Twitter, ataupun BBM.

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini