06 Februari 2014

Membaca Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Solo Raya

Ketika dalam perjalanan berangkat ataupun pulang kerja, saya sering iseng mengamati Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) pada kendaraan bermotor yang saya temui di depan saya. Dari ‘hobi iseng’ tersebut, paling tidak saya jadi tahu di wilayah mana kendaraan tersebut terdaftar. Sebenarnya tidak susah membaca TNKB yang tersemat pada kendaraan bermotor. Perhatikan contoh berikut!
(Foto: ahsinsidqi.ngeblog.ittelkom.ac.id)
Dari contoh TNKB di atas dapat kita urai sebagai berikut.
  • Kode AD merupakan kode wilayah pendaftaran kendaraan bermotor. Kode tersebut menginformasikan bahwa kendaraan tersebut didaftarkan di kantor Samsat daerah yang bersangkutan. Pada contoh tersebut, kode AD adalah kode wilayah untuk daerah eks-Karesidenan Surakarta yang memiliki subwilayah antara lain kota Surakarta (Solo), Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Boyolali, serta Kabupaten Klaten. Mengenai pembagian kode wilayah pendaftaran kendaraan bermotor di Indonesia, sudah tertuang dalam Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012.
  • Selanjutnya adalah kode 4505 TD, yang merupakan nomor pendaftaran kendaraan bermotor. Bagian ini terdiri atas beberapa angka sebagai nomor urut (dalam contoh: 4505) serta huruf sebagai kode pembagian subwilayah (dalam contoh: TD). Kode TD adalah kombinasi dua huruf dengan akhiran huruf D. Jadi bisa teridentifikasi bahwa TNKB tersebut terdaftar pada kantor Samsat Kabupaten Boyolali yang memiliki kode pembagian subwilayah dengan akhiran huruf D/M/W. Secara lengkap, pembagian kode subwilayah pada eks-Karesidenan Surakarta bisa dilihat pada tabel berikut.
  • Dan bagian terakhir adalah masa berlaku TNKB yang bersangkutan. Kendaraan bermotor saat didaftarkan memiliki masa berlaku selama lima tahun. Setelah tahun kelima habis, maka pemilik kendaraan bermotor wajib mendaftarulangkan kendaraan bermotornya. Pada TNKB, masa berlaku kendaraan bermotor hanya tertulis bulan dan tahun secara singkat. Pada contoh tertulis 07 - 17, hal itu berarti TNKB tersebut berlaku sampai dengan bulan 07 (Juli) tahun 2017 (17).
Itulah cara mudah membaca Tanda Nomor Kendaraan Bermotor khususnya untuk wilayah eks-Karesidenan Surakarta. Semoga menambah pengetahuan kita. Salam

Referensi: satlantas-polrestabessemarang.blogspot.com

1 komentar:

  1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL NYATA

    BalasHapus

Komentar Terkini