22 Februari 2014

Melestarikan Jenang Lewat Festival Jenang Solo 2014

Kota Solo memang cukup kreatif ‘menjual dirinya’. Menjual diri dalam arti mempromosikan potensi budaya dan wisata dengan sebuah kemasan yang unik dan orisinil. Salah satunya adalah Festival Jenang Solo. 

Festival Jenang Solo adalah sebuah event Pemerintah Kota Surakarta sebagai bentuk upaya pelestarian jenang, sebagai sebuah kuliner khas masyarakat Jawa. Jenang adalah salah satu jenis makanan yang kerap hadir dalam acara-acara penting peringatan fase kehidupan masyarakat Jawa, seperti pada acara mitoni (tujuh bulan kehamilan) ataupun kelahiran.
Pembukaan Festival Jenang Solo 2014. (Foto: Muh. Irfan Adi N.)
Pembuatan jenang di waktu-waktu penting pada masyarakat Jawa, awalnya meniru tradisi sesaji raja-raja keraton di masa lalu. Beberapa jenis jenang yang digunakan dalam ritual-ritual di keraton antara lain, jenang sumsum, jenang ketan ireng, jenang baru-baru, jenang mutiara, jenang pathi, jenang abang putih, jenang katul, jenang lemu, dan sebagainya.

Tahun ini adalah kali ketiga dilaksanakannya Festival Janang Solo. Untuk Festival Jenang Solo 2014 kali ini, sedianya dihelat pada tanggal 16 – 17 Februari 2014, namun karena imbas hujan abu Gunung Kelud yang terjadi pada Jumat (14/2) kemarin, acara tersebut diundur menjadi tanggal 22 Februari 2014 hari ini hingga 23 Februari 2014 esok.

Pada Festival Jenang Solo 2014 kali ini pada hari pertama akan diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya adalah prosesi memarut kelapa secara massal, memasak jenang besar, pameran fotografi, workshop, pagelaran seni budaya, bazar oleh-oleh serta merchandise jenang, dan sebagainya. Sedangkan di hari kedua pelaksanaan (23/2), akan ada pembagian jenang gratis yang jumlahnya mencapai 17.000 takir (wadah dari daun pisang/daun pandan yang dilipat) dari 17 macam jenang mulai pukul 09.00 WIB di kawasan Ngarsopuro, Solo.

Maka, bagi Anda yang kebetulan akhir pekan ini sedang berada di Solo, tidak ada salahnya mencicipi eksotisnya jenang Solo. Monggo pinarak!

Referensi: dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini