24 Februari 2014

Gapura Kapal ISI Solo, Tempat Favorit Penggila Jajan

Bagi Anda warga Solo ataupun mahasiswa yang berdomisili di seputaran kampus UNS Solo ataupun ISI Solo, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama sebuah kawasan, yaitu Gapura Kapal yang berada di kompleks pendopo ageng ISI Surakarta.
Kawasan Gapura Kapal di sore hari. (Foto: Arie Kurniawan)
Orang-orang menyebutnya dengan nama Gapura Kapal karena di tempat tersebut berdiri dengan megah sepasang gapura berbentuk perahu/kapal. Saya lupa tahun berapa pastinya gapura tersebut didirikan. Hanya saja, sebelum kedua gapura tersebut dibangun, kawasan ini tak lebih dari sebuah persimpangan, yaitu antara Jl. KH Dewantara dan Jl. Punk Rock (Pungkruk).

Dan kini, setelah gapura kapal tersebut dibangun, ditambah lagi dengan keberadaan gedung Teater Besar ISI Solo di kawasan tersebut, membuat kawasan ini seakan menjadi pusat kegiatan seni mahasiswa ISI Solo. Selain itu, penataan taman yang cukup cantik di sekitar kawasan tersebut membuat kawasan ini menjadi tempat nongkrong favorit penduduk lokal maupun mahasiswa di lingkungan kampus ISI Solo.
Gadung Teater Besar ISI Solo. (Foto: chic-id.com)
Bila sore tiba, kawasan Gapura Kapal ini cukup ramai dengan muda-mudi yang sedang menikmati suasana sorenya. Keberadaan para penjual jajanan yang banyak terdapat di kawasan tersebut cukup menambah kenyamanan mereka menghabiskan waktu nongkrong-nya. Untuk jajanan, kita bisa sebut mulai dari bakso bakar, bakso cilok, es dawet, es krim, jagung manis, pisang karamel, dan masih banyak lagi. Para pedagang tersebut mayoritas menggelar dagangannya dari sore hingga malam hari. Selain pedagang jajanan, di kawasan tersebut juga cukup dikenal dengan beberapa penjual HIK-nya. Kita bisa dengan mudah menemuka sajian khas HIK seperti nasi kucing, aneka gorengan, dan aneka minuman menyegarkan lainnya. 
Jahe susu dan aneka sundukan. (Foto: @IkAdeee)

1 komentar:

Komentar Terkini