23 Januari 2014

Mengenalkan Budaya Tionghoa lewat Solo Imlek Festival

Ada pemandangan berbeda bila akhir-akhir ini Anda melintas di kawasan Benteng Vastenberg, Solo. Ya, hiasan lampion warna warni yang menggambarkan wujud ke-12 shio, saat ini memang sedang terjajar rapi di sepanjang jalan Jend. Sudirman, kota Solo. Dan itulah salah satu pernik hiasan yang akan ikut memeriahkan Solo Imlek Festival (SIF) yang akan digelar hari ini hingga tanggal 29 Januari 2014 mendatang.

SIF adalah sebuah festival untuk memperkenalkan budaya Tionghoa kepada masyarakat kota Solo khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya. Selain itu SIF juga merupakan event yang mengiringi perayaan Imlek di kota Solo sendiri. 

SIF kali ini akan menampilkan berbagai stand pameran dan kegiatan, di antaranya adalah pameran kuliner, otomotif, kerajinan tangan, elektronik, panggung kesenian, musik, fashion, barongsai, liong, fengshui, fortune teller, dan berbagai atraksi menarik lainnya. Sebanyak 88 stand telah disediakan panitia untuk memeriahkan acara tersebut. 
Lampion shio di sepanjang jalan Jend. Sudirman, Solo. (Foto: @naserehe)
Rangakaian acara SIF sendiri telah dimulai sejak hari Minggu (19/1) kemarin, yang ditandai dengan kegiatan mencabuti paku-paku di pohon di beberapa ruas jalan di kota Solo. Selain itu rangkaian kerja bakti membersihkan Kali Pepe, yaitu sungai yang melintasi kawasan Pasar Gede Solo, serta pemasangan 2 ribu buah lampion di kawasan Pasar Gede Solo juga telah dilaksanakan panitia SIF jauh-jauh hari sebelumnya.

Panitia Bersama Perayaan Imlek Kota Solo sendiri terdiri atas enam komunitas Tionghoa di kota Solo, yaitu PMS Solo, Perkumpulan Fuqing, Perhakkas, dan Perkumpulan Hohap Surakarta, Makin Jagalan, dan Perkumpulan Warga Cantonese Surakarta.

Dari pelaksanaan acara tersebut, tentunya kita semua berharap, toleransi dan kerukunan antaretnis dan agama di kota Solo semakin kokoh sesuai dengan tema perayaan Imlek tahun ini, yaitu Melukis Indonesia Ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Selamat Imlek, semuanya.

Referensi: soloblitz.co.id, timlo.net

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini