13 Desember 2013

Perbedaan Pramuniaga dan SPG

Sekedar berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, bagi kebanyakan orang perkotaan, di zaman modern ini sudah menjadi sebuah kegiatan refreshing yang cukup memberikan hiburan. Tak hanya kaum wanita yang terkenal hobi belanja, para pria pun sudah banyak yang suka berjalan-jalan di mall atau swalayan. Salah satu daya tarik bagi pria-pria tersebut tentunya adalah keberadaan pramuniaga dan SPG (Sales Promotion Girl) sebagai ujung tombak perusahaan yang bersangkutan.

Harus diakui, pramuniaga dan SPG memang menjadi daya tarik tersendiri bagi datangnya para calon pembeli pada sebuah swalayan atau departement store. Penampilan yang menarik, ramah, dan selalu bisa dimintai pertolongan seakan semakin menguatkan prinsip pembeli adalah raja, pada sebuah swalayan.
SPG dalam sebuah pameran. (Foto: tribunnews.com)
Banyak orang menyangka bahwa pramuniaga dan SPG adalah sama, namun menurut tinjuan kewirausahaan, ada beberapa perbedaan yang bisa ditilik dari beberapa aspek. Dan berikut adalah penjelasannya.
  • Pramuniaga adalah karyawan toko yang digaji oleh toko/swalayan dan bertanggung jawab atas penjualan seluruh produk di toko/swalayan tersebut. Sedangkan SPG adalah tenaga penjualan untuk produk tertentu dengan sistem kontrak, dan biasanya hanya pada event-event tertentu.
  • SPG bisa saja ditempatkan pada sebuah toko/swalayan dan bertanggung jawab atas penjualan produk yang mempekerjakannya. Pramuniaga biasanya tidak perlu gencar mempromosikan barang/produk yang ada, namun SPG harus aktif menjual barang/produk yang dipromosikan, sebab mereka harus memenuhi target.
  • SPG harus mengirim laporan yang mereka kerjakan kepada perusahaan yang mempekerjakan mereka, karena laporan yang mereka kirim, baik itu jurnal ataupun absensi, akan menentukan besarnya gaji yang mereka dapatkan, sedangkan pramuniaga tidak harus melakukan hal tersebut.
  • Pramuniaga biasanya menggunakan seragam yang sudah ditentukan oleh tempat mereka bekerja, sedangkan SPG biasanya memakai seragam yang sudah ditentukan oleh produk yang mempekerjakan mereka.
  • Pramuniaga bisa mengalami perubahan jabatan, misalnya mejadi kasir, dan sebagainya dengan persyaratan tertentu, sedangkan SPG tidak mengalami hal tersebut.
  • SPG biasanya digaji sesuai tanggal yang ditentukan oleh perusahaan, sedangkan pramuniaga digaji berdasarkan tanggal mereka masuk kerja. SPG biasanya digaji berdasarkan laporan yang mereka kirim, sedangkan pramuniaga tidak.
Itulah beberapa uraian tentang perbedaan pramuniaga dan SPG, semoga bisa menambah pengetahuan kita. Jangan lupa berikan komentar Anda bila ada sesuatu yang harus diralat. Salam.

Referensi: answers.yahoo.com (K2 Ichsan), yurisan-mytugas.blogspot.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini