30 Desember 2013

Mengenal Sejarah Resolusi di Tahun Baru

Menjelang detik-detik pergantian tahun seperti sekarang ini, kata resolusi menjadi sebuah kata yang sering disebut oleh banyak orang maupun media. Resolusi sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online berarti “putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal”. Namun di zaman sekarang ini, resolusi telah mengalami pergeseran makna sebagai harapan yang sungguh-sungguh dari pribadi seseorang. Dan makna kedua inilah yang memiliki konteks akhir tahun seperti sekarang ini.
Kembang api tahun baru. (ghuzgejholackz.wordpress.com)
Bila merunut pada sejarah, tradisi beresolusi sendiri sudah ada sejak zaman Babilonia, yaitu sekitar 4000 tahun yang lalu dengan cara meminjamkan peralatan pertanian, karena awal tahun bagi mereka bertepatan dengan awal musim bercocok tanam.

Lain bangsa Babilonia, lain juga dengan bangsa Romawi. Menjelang tahun baru bangsa Romawi memulainya dengan menghitung kembali persediaan mereka yang tersisa di tahun sebelumnya dan kemudian membuat perencanaan untuk pencapaian di tahun yang akan datang.

Bangsa Tiongkok zaman dulu membuat resolusi tahun baru dengan cara membersihkan rumah. Menurut mereka kebersihan tempat tinggal akan mendatangkan hoki di tahun yang akan datang.

Nah, setelah sedikit mengetahui asal-usul tradisi beresolusi di atas, sudahkah Anda menetapkan resolusi Anda di tahun yang akan datang? Selamat tahun baru 2014, sukses untuk Anda!

Referensi: Perluasan Makna Kata “Resolusi” oleh Edy Nugraha (bahasa.kompasiana.com), kerjakeras.com, kbbi.web.id

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini