14 Desember 2013

"Cabe-cabean", Apa Lagi Ini?

Setelah beberapa hari lalu saya menulis tentang istilah yang sempat dan masih populer di kalangan anak muda sekarang ini, yaitu kimcil, kali ini yang sedang hangat-hangatnya adalah munculnya istilah baru yang sebenarnya memiliki arti yang hampir sama dengan istilah kimcil tersebut, yaitu cabe-cabean yang belakangan marak di kalangan remaja ibukota.
Fenomena ABG cabe-cabean. (Foto: wartainfo.com)
Cabe-cabean merujuk pada artian seorang cewek belia (kisaran usia SMP/SMA) yang suka berpenampilan seksi dan identik dengan hobi keluyuran di malam hari, entah itu di tempat balap liar ataupun tempat-tempat hiburan malam lainnya. ABG cabe-cabean ini sering menonton balap liar, dan terkadang mereka naik motor bertiga ke lokasi balapan. 

Saat tulisan ini saya publikasikan, istilah cabe-cabean masih memiliki keidentikan dengan para pembalap liar di daerah Kembangan, Jakarta Barat, yaitu sebagai cewek yang ditaruhkan. Jadi sang pemenang balapan tersebut, berhak atas hadiah ABG cabe-cabean ini. 

Fenomena cabe-cabean ini muncul sebagai akibat telah rusaknya mental sebagian remaja di ibukota. Bukannya memanfaatkan waktu dengan positif, namun malah mengisinya dengan kegiatan yang melanggar ketertiban. Pergaulan yang begitu bebas, serta kurangnya kontrol orang tua tentunya turut mencetuskan fenomena ini. Untuk itu hal ini perlu mendapatkan perhatian dari pihak-pihak yang bersangkutan, baik dari pemerintah maupun masyarakat, sebelum fenomena ini menjalar luas ke daerah. Mengingat, ibukota adalah barometer dalam banyak hal, termasuk kehidupan remajanya.

Fenomena cabe-cabean ini, ternyata memberi inspirasi bagi seorang seniman untuk membuat lagu. Dan ini adalah link download lagu Cabe-Cabean yang dibawakan oleh iMeyMey, yang merupakan co host di acara Suka Suka Uya.

Referensi: news.detik.com, nasional.lintas.me

2 komentar:

  1. untuk yang lokal jateng saya ingat istilah "ciblek" alias cilik-cilik betah melek :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bro, beberapa waktu lalu memang ngetren istilah ini..

      Hapus

Komentar Terkini