25 November 2013

Selamat Hari Guru

Hari ini, 25 November 2013, bangsa Indonesia, khususnya insan akademisi memeringati Hari Guru, yaitu sebuah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap profesi guru. Hari guru di Indonesia diperingati setiap tanggal 25 November bersamaan dengan hari jadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Hari guru di Indonesia bukanlah hari libur resmi, namun sering dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah.
Selamat Hari Guru. (Foto: notakosong.com)
Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sendiri lahir 100 hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yaitu tanggal 25 November 1945. Cikal bakal organisasi ini diawali dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) tahun 1912, yang kemudian diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) di tahun 1932. Nama Persatuan Guru Indonesia ini rupanya mengejutkan pemerintah Belanda, sebab ada kata “Indonesia” dalam nama tersebut.

Di zaman penjajahan Jepang, ada pelarangan segala macam organisasi, termasuk PGI ini sehingga tidak dapat beraktivitas lagi. Baru kemudian setelah peristiwa Proklamasi Kemerdekaan, semangat proklamasi tersebut rupanya menjiwai penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia yang pertama tanggal 24 dan 25 November 1945 di Solo. Melalaui kongres ini, segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama, dan suku, sepakat dihapuskan. Mereka adalah guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk. Mereka bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di dalam kongres inilah, pada tanggal 25 November 1945 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan, yang kemudian diperingati sebagai Hari Guru Nasional pada setiap tahunnya.

Selamat Hari Guru!

Referensi: id.wikipedia.org, kusdiyono.wordpress.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini