26 November 2013

Karakter Unik Lagu-lagu Didi Kempot

Siapa tak kenal Didi Kempot, penyanyi campursari berambut gondrong yang kerap memakai beskap dalam setiap penampilannya. Didi Kempot dikenal masyarakat luas sebagai penyanyi yang telah mempopulerkan musik campursari secara nasional bahkan internasional. Banyak lagu gubahannya yang dikenal oleh masyarakat luas dari berbagai kalangan. Sebut saja yang paling populer, yaitu Stasiun Balapan, Sewu Kutha, atau Terminal Tirtonadi.
Didi Kempot. (Foto: jigoll.web.id)
Ada keunikan tersendiri yang menyebabkan lagu-lagu Didi Kempot lebih digemari masyarakat dibanding lagu-lagu sejenis yang lain. Dan karakter yang paling menonjol dari lagu-lagu Didi Kempot adalah dari segi tema. Hampir semua lagunya mengangkat tema tentang keterasingan, kesepian, pengkhianatan, serta perpisahan. Tema-tema tersebut bisa kita jumpai dalam lagu Stasiun Balapan, Sewu Kutha, Tanjung Mas Ninggal Janji, ataupun Terminal Tirtonadi.

Lagu-lagu tersebut memiliki nuansa perpisahan yang sangat kental. Dan tema perpisahan tersebut diperkuat dengan seting tempat yang berkarakter di mana seting-seting tersebut kebanyakan adalah landmark bagi sebuah kota tertentu, seperti stasiun Solobalapan di Solo, ataupun pelabuhan Tanjung Mas di Semarang. Dan inilah yang menjadi ciri khas lagu-lagu Didi Kempot.

Dari segi lirik, lagu-lagu Didi Kempot selalu bercerita, sehingga kisahnya seakan hidup. Di antara deretan lagu-lagu andalannya, perpisahan memiliki tempat tersendiri dalam kecenderungan Didi Kempot memilih tema. Kita dapat menemukan sosok tokoh, seting, dan alur cerita dalam lirik lagu-lagunya. Sementara itu, nada-nada dalam lagu-lagu Didi Kempot banyak bermain pada nada-nada minor, sehingga melodinya menyiratkan kesedihan yang mendalam.

Berkat lagu-lagunya yang khas, Didi Kempot telah dipandang sebagai seorang seniman yang memperkenalkan khazanah budaya Jawa kepada masyarakat secara luas. Nilai “jawa” dalam setiap lagu-lagunya merupakan karakter yang telah melekat padanya hingga detik ini. Teruslah berkarya, Mas Didi!

Referensi: bimbingan.org

4 komentar:

  1. jaman semono, tiap ada lagu terbaru dari mas didi kempot, selalu ngajak ibu ke pasar beli kaset vcd-nya (bajakan), tapi itu sudah menggembirakan.
    Didi kempot, musisi paling galau lan paling nggerus atine.. *menurutku* :D

    BalasHapus
  2. Tanjung Mas Ninggal Janji :D

    mampir juga ke www.jigoll.web.id :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maturnuwun Mas Ali, saya ambil gambar Didi Kempot di atas juga dari Jigoll Web. Salam kenal.

      Hapus

Komentar Terkini