15 November 2013

"Endless Rain" dan Hujan November Ini

Bulan November telah kita lewati setengahnya. Dan hujan pun seolah menjadi santapan sehari-hari kita mengiringi hampir berlalunya bulan November ini. Berbicara tentang bulan November dan hujan, bagi Anda yang pernah mengalami masa remaja di tahun 90-an awal, pasti akan terbersit begitu saja tentang sebuah lagu yang menjadi pengidentikkan hujan di bulan November ini, yaitu November Rain milik kelompok Guns N’ Roses. Namun bagi saya pribadi, selain lagu November Rain tersebut, ada satu lagi lagu yang menurut saya sangat identik dengan hujan yang turun setiap harinya dengan durasi yang lama. Meski tidak ada penyebutan latar waktu (bulan) dalam lagu tersebut, namun komposisi yang mirip dengan November Rain, serta tema hujan yang sama-sama diangkat, membuat lagu ini ada kemiripan tersendiri dengan November Rain-nya Guns N’ Roses.
X Japan: hide, Pata, Yoshiki, Toshi, dan Taiji. (Foto: vivoscene.com)
Adalah Endless Rain, sebuah lagu balada rock milik kelompok X Japan (dulu bernama X), sebuah band rock asal Negeri Matahari Terbit, Jepang. Bagi Anda penyuka musik-musik Jepang, terutama yang bergenre rock, pasti sudah tidak asing lagi dengan lagu balada rock nan menyayat ini. Endless Rain merupakan single keempat (single kedua mayor label) yang dirilis oleh X Japan pada 1 Desember 1989. Hampir mirip dengan November Rain, Endless Rain berkisah tentang seseorang yang kehilangan cintanya. Semua terasa menyakitkan dan seperti baru saja terbangun dari mimpi indah yang panjang, sampai pada akhirnya harus menghadapi kenyataan bahwa mimpi tersebut telah usai. Komposisi rock ballads dengan balutan piano klasik di sepanjang lagu serta lirik lagu puitis yang ditulis sendiri oleh pianis sekaligus drumer dari kelompok ini, seakan menjadi kekuatan tersendiri bagi lagu ini. Ditambah lagi, di tengah lagu Anda akan menemukan sebait kata puitis yang dilafalkan oleh Yoshiki, yaitu sebagai berikut.
"Days of joy, days of sadness slowly pass me by. As I try to hold you, you are vanishing before me. You're just an illusion. When I'm awaken, my tears have dried in the sand of sleep. I'm a rose blooming in the desert."
Itulah pendapat pribadi saya mengenai lagu Endless Rain bila dikaitkan dengan hujan yang kerap turun akhir-akhir ini. Jadi, bagi Anda yang gemar mendengarkan lagu mellow sembari menikmati hujan, saya rekomendasikan Endless Rain ini untuk Anda dengarkan. Silakan resapi dan maknai perihnya.

Referensi: en.wikipedia.org, plainbread.wordpress.com, songmeanings.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini