30 November 2013

Desember, Bunga Indah di Akhir Tahun

Waktu seakan berlari. Dan esok, insha Allah kelender Masehi kita semua akan menunjuk pada bulan penutup tahun. Desember. Bila pada tulisan terdahulu saya pernah menulis tentang Desember dalam beberapa lagu, kali ini saya ingin sedikit mengulas tentang bunga desember, sebagai flora yang identik dengan bulan Desember.
Bunga desember. (Foto: thecrowdvoice.com)
Bunga desember (Haemanthus multiflorus) masuk dalam famili Amaryllidaceae (bakung-bakungan). Umbi dari tumbuhan ini akan berbunga di sekitar bulan November hingga pertengahan Januari. Di bulan-bulan tersebut curah hujan tergolong tinggi sehingga banyak jenis bakung-bakungan yang berbunga, seperti bunga desember ini.
Mahkota bunga seperti jarum. (Foto: Flickr)
Menurut situs Wikipedia, tumbuhan ini berasal dari Afrika bagian selatan. Tumbuhan ini mempunyai bentuk bunga mirip payung yang berkoloni, sehingga membulat seperti bola. Ujung bunga-bunga tersebut berwarna kuning atau oranye. Tanaman ini membentuk 1 tangkai bunga yang bundar pipih dan muncul di sekitar ketiak daun. Mahkota bunga berbentuk seperti jarum berwarna merah terang, benang sari melengkung keluar, tangkai sarinya memiliki panjang 2 - 5 cm dan berwarna merah tua, sedangkan kepala sari berwarna merah jambu. Bakal buahnya sendiri berbentuk elips dengan panjang sekitar 0,5 cm.

Merawat bunga desember tergolong mudah, meski begitu ada beberapa poin penting yang wajib dipahami. Dan berikut beberapa poin penting tersebut.
  1. Bunga desember lumrahnya akan berbunga di akhir/awal tahun, meski begitu tak jarang ada juga bunga desember yang mekar di luar bulan-bulan tersebut. Hal ini mungkin dikarenakan efek pemanasan global yang mendera bumi.
  2. Ketika bakal tumbuhan muncul ke permukaan tanah, biarkan tunas tersebut tumbuh dengan sendirinya tanpa perlu disiram. Sebab jika banyak disiram, umbi dari tunas tersebut akan membusuk dan mati. 
  3. Jika daun sudah mulai terbentuk, Anda bisa mulai menyiraminya, namun jangan berlebihan dan jangan terlalu sering.
  4. Anda bisa memanen bunga desember begitu buahnya terlihat, satu buah berisi satu biji, dan biji inilah yang bisa Anda gunakan untuk dibudidayakan.
  5. Jika Anda ingin membudidayakan bunga desember ini, tanamlah dulu pada polybag, dan kemudian tanamlah di tanah saat musim hujan masih berlangsung.
Itulah sekilas tentang bunga desember dan beberapa tips untuk merawatnya. Satu filosofi yang bisa kita ambil dari bunga desember, bahwa alangkah baiknya kita menutup lembaran tahun ini dengan keceriaan dan keindahan. Seperti bunga desember ini.

Referensi: farming-fun.blogspot.com, Wikipedia

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini