19 Oktober 2013

Sekilas tentang Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal

Sepekan yang lalu, tepatnya di hari Jumat 11 Oktober 2013, saya bersama istri berkesempatan untuk mengantar salah seorang kerabat yang akan melangsungkan akad nikah di Kabupaten Tegal, tepatnya di dusun Pagerwangi, Kecamatan Balapulang. Kami berangkat Kamis malam pukul 21.00 WIB dengan menumpang bus yang telah disewa oleh pihak keluarga mempelai pria. Berikut sekilas tentang Kecamatan Balapulang sebagai pengingat bahwa saya pernah menyinggahinya.
Sebuah bukit di tengah persawahan di Kecamatan Balapulang. (Foto: panoramio.com)
Kecamatan Balapulang terletak sekitar 13 km di sebelah selatan Slawi, Kabupaten Tegal. Di kecamatan ini ada 20 dusun, dan salah satunya adalah dusun Pagerwangi. Dusun Pagerwangi merupakan dusun yang indah. Sebagian besar penduduknya menggantungkan hidupnya pada usaha berkebun. Meski berpenduduk sedikit, Pagerwangi menjadi salah satu penghasil buah-buahan segar seperti mangga, durian, rambutan, dan sebagainya.

Keadaan geografis Balapulang terdiri atas dataran rendah yang cukup panas serta wilayah pegunungan yang berhawa sejuk dan merupakan daerah yang sangat subur untuk dijadikan persawahan, ladang pertanian, dan hutan jati serta pinus. Di Balapulang terdapat Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Balapulang yang membawahi wilayah sebagian Tegal barat/selatan dan Brebes.

Logat bicara masyarakat Balapulang tidak beda jauh dengan masyarakat Tegal pada umumnya yang menggunakan dialek bahasa Jawa Banyumasan. Makanan khas Balapulang adalah nasi ponggol, yaitu nasi yang dibungkus dengan daun pisang dengan lauk sambel goreng tempe.

Referensi: pagerwangi.blogspot.com, id.wikipedia.org, regional.kompas.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini