22 Oktober 2013

Dharma Aksara, Awal Karir Keeditoran Saya

Menjadi seeorang editor dan berkarir di dunia penerbitan adalah hal yang tidak pernah saya duga sebelumnya. Desember akhir tahun ini, tepat 3 tahun saya menekuni karir sebagai seorang editor di dunia penerbitan untuk buku-buku LKS dan buku ajar.

Sejenak menongok ke belakang, awal karir saya di dunia penerbitan adalah ketika saya menjumpai sebuah iklan lowongan pekerjaan tentang dibutuhkannya lulusan sarjana untuk bekerja di sebuah penerbit yang tak begitu jauh dari rumah saya. Setelah mengadakan kontak dengan pemiliknya via SMS, saya pun mengantar langsung surat lamaran saya ke perusahaan tersebut. Singkat cerita, saya pun diterima menjadi karyawan dan bekerja untuk perusahaan tersebut.
Beberapa contoh marka editing. (Foto: perajinbuku.blogspot.com)
Di masa-masa awal bekerja, tentu saja ada banyak hal yang harus saya kenal dan pahami tentang dunia penyuntingan dalam penerbitan. Sebagai seorang editor, tentu saja saya harus paham betul khasanah tata bahasa Indonesia yang baku. Selain itu, ketelitian, kecermatan, serta wawasan yang luas juga menjadi modal utama seorang editor naskah. Untuk hal tersebut, saat itu saya mendapat banyak pelajaran berharga dari para senior saya yang sampai saat ini sedikit banyak turut memengaruhi style saya dalam mengedit naskah.

Adalah CV. Dharma Aksara, sebuah perusahaan penerbitan skala menengah tempat di mana saya untuk kali pertama mengenal ilmu keeditoran. Dharma Aksara terletak di pemukiman padat penduduk tepatnya di kampung Bangunharjo, Kelurahan Gandekan, Kota Surakarta. Berada di tengah-tengah perkampungan padat, sedikit banyak turut memengaruhi etos kerja kami sehari-hari, yaitu kekeluargaan.

Waktu pun terus berjalan, dan akhirnya setelah bekerja selama satu setengah tahun di tempat tersebut, saya putuskan untuk resign dan mencari pengalaman yang lebih menantang. Meski begitu, tak bisa saya pungkiri bahwa di tempat itulah saya menemukan kali pertama ilmu penyuntingan serta pengalaman yang sampai saat ini turut membentuk gaya penyuntingan saya di perusahaan saya bekerja sekarang.

Terima kasih semuanya.

8 komentar:

  1. Balasan
    1. di tempatmu yang sekarang apa buka lowongan untuk editor bahasa indonesia mas?

      Hapus
  2. mas ari maaf.. kira-kira untuk editor ini apakah bisa dikerjakan di rumah?

    BalasHapus
  3. Maaf lupa sekalian jam kerjanya bagaimana? jam berapa sampai jam berapa? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih tanggapannya Mbak Ceiis. Kebetulan saya sudah tidak bekerja di Dharma Aksara, tapi menurut kabar yang saya dengar dr teman2 saya yg masih bekerja di Dharma Aksara, untuk pekerjaan editor tidak bisa dibawa pulang.

      Untuk jam kerjanya adalah jam 8-16 WIB, khusus hari Sabtu hanya sampai jam 14.00 WIB. Begitu Mbak, terima kasih.

      Hapus
    2. Terima kasih Mas Ari atas informasinya, jika berkenan mohon informasi tentang besar gajinya juga. Bisa dikirim ke alamat email saya di mauliniaceisar818@gmail.com. Terima kasih.

      Hapus
    3. Wah, untuk besaran gaji saya kurang tahu Mbak, soalnya sudah tidak kerja di tempat itu lagi.

      Hapus

Komentar Terkini