28 Oktober 2013

Alur Cerita Unik dalam Video Klip "November Rain"

Empat hari lagi, kalender Masehi kita semua akan sampai pada sebuah lembar bulan baru, yaitu November. Kata November berasal dari bahasa Latin, novem yang berarti sembilan. Sebab pada zaman dahulu, tahun Masehi bermula dari bulan Maret, maka bulan November terletak di urutan kesembilan dalam penanggalan.

Di Indonesia yang beriklim tropis, bersama bulan Desember, bulan November diidentikkan dengan hujan yang turun cukup deras dan dingin. Dan ternyata fenomena hujan di akhir tahun ini pun dikenal pula olah masyarakat di belahan dunia yang lain, khususnya Amerika. Maka tak heran bila kemudian muncul sebuah judul lagu milik supergrup Guns N’ Roses yang berjudul November Rain.
Kompilasi adegan dalam November Rain. (Foto: fanpop.com)
November Rain adalah sebuah lagu yang ditulis oleh Axl Rose saat ia berusia 17 tahun. Lagu tersebut didasarkan pada sebuah cerita pendek karangan Del James yang berjudul Without You. Bagi Axl Rose, lagu ini adalah lagu terpenting di antara lagu-lagu yang terdapat di album Use Your Illusion, sehingga ia memperingatkan bila lagu tersebut tidak berhasil direkam secara sempurna, maka ia akan berhenti berkecimpung dalam industri musik. Ia juga meminta Slash, sang gitaris, untuk membuat melodi gitar yang bisa dikenang sepanjang masa, dan Slash pun menjawabnya dengan karya melodi gitar yang brilian. 

Video klip November Rain berkisah tentang sebuah pernikahan yang singkat. Berawal dengan sebuah adegan di mana Axl Rose terbangun dari tidurnya, dan kemudian melangsungkan sebuah pernikahan dengan seorang wanita yang diperankan oleh model Stephanie Seymour. Di video tersebut ternyata sang wanita tersebut mempunyai kedekatan dengan Slash, yang merupakan teman Axl Rose. Sebagai seorang rocker yang setia kawan, Slash pun juga hadir dalam pernikahan tersebut. Bahkan Slash pula yang mengantarkan cincin, ketika sang pendeta tempak kebingungan menanyakan cincin yang hendak dipakaikan pada jari kedua mempelai.

Kekecewaan Slash pun memuncak ketika kedua mempelai tersebut diizinkan berciuman, dan ia (Slash) pun terlihat berjalan keluar dari gereja tempat di mana acara pemberkatan tersebut berlangsung setelah sebelumnya berpamitan dengan Duff McKagan. Saat sepasang pengantin tersebut menaiki mobil, terlihat wajah cemas mempelai wanita mencari-cari sosok Slash. Hal ini mengisyaratkan bahwa wanita tersebut masih mempunyai perasaan penting terhadap Slash. Setelah itu, pesta pun berlangsung dan sampai akhirnya hujan turun memporak-porandakan pesta.
Cermin dipakai untuk menutupi sisi wajah sang wanita yang terdapat bekas luka tembak. (Foto: youtube.com)
Setelah hujan turun, tiba-tiba saja sang wanita diceritakan meninggal, apa yang terjadi? Menurut sutradara pembuatnya, wanita tersebut meninggal karena bunuh diri akibat tekanan mental yang tinggi karena harus memilih antara Axl dan Slash. Silakan Anda perhatikan baik-baik kembali dalam video tersebut, tepatnya di menit ke-7 detik ke-23. Dalam adegan tersebut, perhatikan sisi wajah jasad wanita tersebut yang terjauh dari kamera. Ada sepotong cermin yang dipotong sesuai bentuk tubuh wanita tersebut untuk memberikan ilusi bahwa semua bagian tubuh wanita tersebut utuh. Jadi cermin tersebut berfungsi untuk menutupi sisi wajah wanita tersebut yang mungkin rusak karena ada bekas luka tembak.

Itulah salah satu keunikan November Rain yang seakan melengkapi betapa digarap dengan sempurnanya lagu tersebut, termasuk video klipnya.

Referensi: pijarpatricia.wordpress.com, warungsantai-san.blogspot.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini