26 September 2013

Kirab Budaya Babad Kademangan Jebres, Sebuah Kirab Bernuansa Sejarah

Sore kemarin (25/09), Kelurahan di mana saya tinggal, yaitu Kelurahan Jebres, sukses mengadakan kirab budaya yang dinamai Kirab Budaya Babad Kademangan Jebres. Babad bisa diartikan sebagai sejarah. Maka, tak heran bila kirab ini kental sekali dengan nuansa sejarah Kademangan Jebres yang sekarang menjadi sebuah kelurahan.
Iring-iringan prajurit keraton dalam kirab Babad Kademangan Jebres. (Foto: Taqoballah Ridho)
Acara kirab ini dihelat dalam rangka memperingati terbentuknya Kademangan Jebres. Dalam kirab ini ditampilkan pusaka peninggalan Ki Demang Jebres, seorang demang yang memimpin wilayah Jebres tempo dulu. Saat itu Jebres menjadi salah satu basis perlawanan Keraton Kasunanan Surakarta bersama Pangeran Diponegoro dalam melawan Belanda pada tahun 1825-1830. Beberapa pusaka peninggalan yang diarak di antaranya adalah berupa kendali kuda Sampar Angin dan Jalu Mampang, keris Kyai Katongan, keris Kyai Sangkan, serta tombak Kyai Bekel Jati. Acara yang melibatkan 36 RW di Kelurahan Jebres ini dimulai dari kawasan Monumen Proklamasi di sebelah barat Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta dan berakhir di kompleks pergudangan Pedaringan, di mana di tempat tersebut terdapat makam Ki Demang Jebres.

Barisan iring-iringan kirab diawali dengan bendera merah putih yang dibentangkan, disusul kereta kencana yang dikendarai oleh Camat Jebres beserta suami. Kemudian menyusul iring-iringan pusaka peninggalan Ki Demang Jebres yang dibawa menggunakan tandu. Setelah itu disusul oleh peserta kirab perwakilan kampung yang ada di Kelurahan Jebres.
Keris pusaka peninggalan Ki Demang Jebres pun diarak. (Foto: Taqoballah Ridho)
Menurut pantauan saya, kirab ini cukup menarik perhatian warga sekitar. Bahkan acara ini sempat memacetkan lalu lintas di sepanjang jalan yang dilaluinya. Sebagai sesuatu hal yang baru dihelat kali pertamanya, kirab ini terbilang sukses, dengan harapan akan ada peningkatan untuk pelaksanaan di tahun-tahun selanjutnya.

Referensi: soloblitz.co.id, id.wikipedia.org

1 komentar:

  1. mantab,
    nilai lain dari sebuah kirab Jebres ini yaitu menunjukan bahwa warga Jebres guyub rukun bersatu padu. Sisi edukasi juga mengenalkan sejarah Kademangan Jebres kepada anak-anak. :)

    BalasHapus

Komentar Terkini