29 Agustus 2013

Lagu "Hujan di Polonia" dan Tragedi Kecelakaan Garuda Indonesia

Mendengarkan lagu Hujan di Polonia yang dilantunkan Iin Parlina (Bimbo), seakan menambah rasa penasaran saya lebih jauh tentang lagu tersebut. Namun tak banyak kisah yang menceritakan latar belakang penciptaan lagu yang berdurasi 3 menit 18 detik itu. 
Bandara Polonia, Medan. (Foto: ekonomi.inilah.com)
Liriknya sendiri mengisahkan tentang seseorang yang sedang menunggu kedatangan sahabat lamanya di Bandara Polonia, kota Medan. Secara tersurat, dipaparkan hujan turun dengan lebatnya saat itu. Setelah saya coba menelusuri, ada salah satu kicauan di Twitter yang menyebutkan bahwa lagu tersebut diciptakan menyusul kecelakaan pesawat Garuda Indonesia di Polonia. 

Setelah saya coba mencari lebih dalam lewat Google, ternyata benar ada sebuah sumber yang menyebutkan bahwa di tanggal 4 April 1987 ada sebuah kecelakaan pesawat DC-9 Garuda Indonesia PK-GNQ yang jatuh di landasan Bandara Polonia dan menewaskan 26 awak/penumpangnya serta 19 orang luka-luka. Pada ketinggian 1.700 kaki menjelang mendarat, diinformasikan pesawat mengalami gangguan karena cuaca buruk, yaitu hujan angin berkecepatan 4 knot disertai petir. 

Dan bisa jadi benar bahwa lagu ini tercipta menyusul kecelakaan yang terjadi di Polonia pada 4 April 1987. Atau mungkin Anda tahu tentang sesuatu? Silakan berkomentar.

Referensi: adiewicaksobo.wordpress.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini