26 Juni 2013

Iklan-iklan di Bulan Puasa

Kurang lebih dua minggu lagi, kita semua akan memasuki sebuah bulan yang disucikan oleh umat Islam, yaitu Ramadan. Bagi masyarakat Indonesia yang berpenduduk muslim terbesar di dunia, datangnya bulan Ramadan selalu penuh dengan fenomena, mulai dari tradisi nyadran, berkunjung ke makam leluhur pada masyarakat Jawa, tradisi mandi balimau di Sumatra Barat, dan masih banyak lagi tradisi-tradisi yang digelar guna menyambut datangnya Ramadan.
Salah satu iklan TV 'penguasa' bulan Ramadan. (Foto: Youtube dengan olahan Photoshop)
Bagi para pengusaha yang memanfaatkan jasa periklanan, terutama televisi, Ramadan selalu menjadi momentum penting untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya. Kita bisa lihat, sebulan atau bahkan dua bulan sebelum memasuki Ramadan, sudah banyak iklan televisi bernuansa Ramadan yang wira-wiri di layar kaca. Bahkan ada semacam jargon di media sosial, bahwa tanda-tanda datangnya Ramadan adalah munculnya iklan sirup Marjan yang ada tulisannya “bersambung”. 

Mencermati iklan-iklan TV selama Ramadan memang menarik. Jasa pembuat iklan dituntut kreatif mengemas produk yang kental dengan nuansa Ramadan-nya. Bahkan bila saya amati, ada beberapa produk yang iklannya hanya muncul di saat Ramadan saja. Sebut saja iklan Promag yang dibintangi Dedy Mizwar, selain itu ada juga pasta gigi Enzim yang menganjurkan untuk sikat gigi sesudah makan sahur agar nafas senantiasa segar. 

Iklan yang identik dengan bulan Ramadan, mayoritas adalah iklan-iklan yang menawarkan produk makanan dan minuman. Mungkin hal ini berkaitan dengan pelaksanaan puasa itu sendiri, di mana untuk memulai puasa, kita dianjurkan untuk bersahur dan berbuka di sore harinya sebagai penutup. Jadi tak heran bila banyak produk yang ditawarkan sebagai teman sahur atau buka kita selama Ramadan. 

Akhirnya, apapun iklannya, pada kesempatan ini saya mengucapkan selamat menyambut datangnya bulan puasa. Marhaban ya Ramadan ...

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini