20 Mei 2013

Segarnya Lotis di Pertigaan Jalan Juanda, Solo

Lotis adalah sajian irisan buah-buahan segar yang dicocol dengan sambal yang terbuat dari gula jawa, cabe, garam, dan asam jawa. Buah-buahan tersebut umumnya adalah buah-buahan yang belum begitu masak seperti mangga, kedondong, pepaya, nanas, bengkoang, mentimun, dan sebagainya. Di beberapa daerah, terutama di Jakarta, lotis disebut dengan sebutan rujak, namun di kota Solo, rujak adalah sebutan bagi buah-bauhan segar yang diparut kemudian dicampur dengan sambal (rujak serut).
Lotis dengan sambal dan aneka buah-buahan. (Foto: dyahpangesty.blogspot.com)
Ada banyak pedagang lotis yang dapat kita temui di sudut-sudut kota Solo. Bila siang cukup terik, maka kita akan mudah mendapati para pedagang lotis menjajakan dagangannya. Para pedagang tersebut ada yang berkeliling, tapi ada juga menetap (mangkal). Dan salah satu yang cukup ramai diburu pembeli adalah pedagang lotis di pertigaan Jagalan, yaitu di persimpangan jalan Ir. Juanda dengan jalan Yap Tjwan Bing (dulu jalan Jagalan), Solo. 

Pedagang satu ini buka dari pagi sampai sore sekitar pukul 16.30 WIB. Saya awalnya penasaran kenapa pedagang satu ini cukup ramai oleh pembeli, dan setelah saya mencicipi lotis racikan yang berlokasi di pertigaan Jagalan ini, memang cita rasa sambalnya lah yang berbeda dengan lotis-lotis lain. Racikan rasa pedas, asin dan aroma gula jawanya begitu pas diraciknya. Jadi bagi Anda yang berkesempatan mengunjungi Kota Solo, silakan Anda mampir ke tempat ini. Dan nikmatilah sajian rujak atau lotis khas Jagalan Solo.

5 komentar:

  1. ak aaa enaknya dimakan siang2 kek sekarang
    *kemecer :))

    aku dulu sering (skrg jarang) lewat jalan situ tapi kok gak tau tempatnya ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari perempatan Warung Pelem ke arah timur sekitar 110 meter, tar sampai di pertigaan yang ada dealer Honda kalo gk salah, nah d depan dealer itu jualnya.

      Hapus
  2. yang di depan toko Listrik PELITA bukan maz ?

    BalasHapus

Komentar Terkini