16 Mei 2013

Merapi dan Merbabu, Hamparan Keindahan di Sisi Barat Kota Solo

Bagi Anda yang tinggal di kota Solo dan sekitarnya, bila senja menjelang pasti sudah terbiasa dengan pemandangan indah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang menjulang di sisi barat kota Solo. Kota Solo sendiri terletak di antara Gunung Merapi dan Merbabu di sebelah barat dan Gunung Lawu di sebelah timur. Letak yang strategis di antara gunung-gunung ini menyebabkan kota Solo “dianugerahi” pemandangan indah ketika pagi atau sore hari. 
Merapi dan Merbabu dilihat dari Trayu, Boyolali. (Foto: Novianda Alfian)
Gunung Merapi merupakan gunung berapi aktif dengan lereng sisi selatan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Sleman, sisi barat masuk dalam wilayah Kabupaten Magelang, sisi utara dan timur masuk dalam wilayah Kabupaten Boyolali, dan sisi tenggara masuk dalam wilayah Kabupaten Klaten. Sejak tahun 2004, kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. 

Sedangkan Gunung Merbabu adalah gunung api bertipe strato dengan sisi sebelah barat masuk dalam wilayah Kabupaten Magelang, sisi timur dan selatan masuk dalam wilayah Kabupaten Boyolali, dan sisi sebelah utara masuk dalam wilayah Kabupaten Semarang. Gunung Merbabu pada masa lalu dikenal sebagau Gunung Damalung atau Gunung Pamrihan. Di lerengnya pernah terdapat pertapaan terkenal yang konon pernah disinggahi oleh Bujangga Manik pada abad ke-15. Merbabu berasal dari kata meru (gunung) dan abu (abu).

Referensi: Wikipedia

1 komentar:

Komentar Terkini