11 April 2013

Mengenal Lebih Dekat Bunga Sakura

Bulan-bulan ini adalah bulan di mana bunga-bunga sakura bermekaran. Di negara asalnya, Jepang, bunga-bunga sakura mempunyai waktu mekar yang berbeda-beda. Di Pulau Honshu, sakura jenis someiyashino sudah mulai terlihat kuncup di akhir musim dingin dan akan mekar di bulan Maret sampai awal bulan April ketika temperatur mulai hangat. 

Sedangkan sakura jenis someiyoshino mulai mekar di daerah Okinawa di bulan Februari dan dilanjutkan di Pulau Honshu hingga ke Tokyo, Osaka, dan Kyoto di akhir Maret dan awal April hingga perlahan bergerak ke utara dan berakhir di Hokkaido di minggu pertama bulan Mei (Golden Week). 
Yama Zakura, jenis sakura asli yang belum mengalami persilangan. (Foto: terselubung.blogspot.com)
Kata sakura berasal dari kata saku yang berarti mekar, sedangkan akhiran ra menyatakan bentuk jamak. Dalam bahasa Inggris, bunga yang mekar setahun sekali ini sering disebut cherry blossoms. Warna bunga sakura sangat beragam tergantung spesiesnya, ada yang berwarna putih sedikit kemerahan, kuning muda, hijau muda, hingga merah yang menyala. 

Pada dasarnya bunga sakura digolongkan menjadi tiga jenis berdasarkan susunan mahkotanya, yaitu bunga tunggal dengan daun mahkota selapis, bunga ganda dengan daun mahkota berlapis, dan bunga semiganda. 

Referensi: terselubung.blogspot.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini