12 April 2013

"Hanako-san", Legenda Urban Paling Populer di Jepang

Setiap negara mempunyai legenda urban dengan kekhasan sendiri-sendiri. Seperti Indonesia yang mempunyai Jalangkung atau Kuntilanak, ataupun Amerika Serikat yang mempunyai cerita seram, Bloody Mary. Dan salah satu negara yang terkenal mempunyai banyak cerita seram adalah Jepang. Bahkan legenda-legenda urban di Jepang banyak yang telah difilmkan. 
Penggambaran sosok Hanako-san. (Foto: nautiljon.com)
Berbicara tentang legenda urban yang berkembang di masyarakat Jepang, ada satu cerita yang bisa dibilang merupakan legenda urban paling populer di Jepang, yaitu cerita tentang Hanako-san. Hanako-san adalah sosok gadis yang menghantui toilet sekolah dan dia akan muncul bila namanya dipanggil. Cerita tentang Hanako-san tersebar luas sampai ke penjuru Jepang sehingga cerita ini mempunyai beragam versi. Pemanggilan sosok Hanako-san sering dilakukan oleh anak-anak sekolah di Jepang sebagai pembuktian keberanian ataupun bentuk metode perploncoan bagi murid-murid baru. 

Cara memanggil Hanako-san adalah dengan mengetuk tiga kali pintu bilik ketiga kamar mandi perempuan yang berada di lantai tiga sekolah. Si pengetuk kemudian bertanya “Apakah kamu ada di sini, Hanako-san?” dan suara misterius akan menjawab “Aku di sini”. Kemudian dari balik pintu akan muncul sosok gadis dengan rok merah, dan terkadang mengenakan pakaian putih. 

'Hanako' sendiri merupakan nama perempuan yang umum dipakai di Jepang sekitar tahun 1950-an. Dan di tahun itulah diyakini munculnya cerita tersebut. Tidak ada yang mengetahui dengan pasti asal-usul Hanako-san, tapi menurut kepercayaan banyak orang, Hanako hidup di masa Perang Dunia II. Ketika itu dia sedang bermain petak umpet dan bersembunyi di toilet beberapa saat sebelum bom menghancurkan sekolahnya. Diapun meninggal dan terus menghuni toilet itu sampai saat ini.

Referensi: Wikipedia

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini