03 Januari 2013

Solo Car Free Night, Pelopor Perayaan Tahun Baru Tanpa Mobil dan Motor

Belakangan, terutama di media elektronik, banyak diberitakan tentang kesuksesan kota Jakarta dalam menggelar Jakarta Night Festival di malam pergantian tahun 2013. Sejumlah panggung pun didirikan untuk memanjakan warga Jakarta dalam merayakan malam pergantian tahun. Jalan besar pun ditutup dan otomatis disterilkan dari keberadaan mobil ataupun motor. Ide kreatif ini muncul tak lepas dari peran seorang Joko Widodo, sang gubernur baru DKI Jakarta, yang mendambakan sebuah pesta rakyat di malam pergantian tahun. Dan dalam waktu yang relatif singkat, sekitar tiga minggu, persiapan Jakarta Night Festival pun digarap dan diwujudkan. 
Kembang api dalam Solo Car Free Night. (Foto: Shaggy Solo)
Itulah Joko Widodo. Sang mantan Walikota Solo itu seolah tak pernah kehabisan ide kreatifnya di tengah kepemimpinannya. Termasuk sewaktu memimpin Kota Solo. Dan kalau boleh diungkapkan, Jakarta Night Festival kali ini adalah hasil adopsi gelaran Solo Car Free Night yang telah sukses dilaksanakan sebagai Car Free Night pertama di Indonesia di malam tahun baru 2012, setahun yang lalu. Dan tahun ini, kota Solo telah kedua kalinya menggelar Solo Car Free Night (sebelumnya kota Solo telah sukses menggelar Car Free Night pertama di Indonesia). Pelaksanaan serta sajian acara budaya pun hampir sama, hanya saja karena kali ini yang punya hajat adalah ibukota negara, tentu saja pemberitaan lebih santer diberitakan bila dibandingkan dengan pemberitaan Solo Car Free Night setahun lalu. 

Namun, terlepas dari hal tersebut, banyak warga Solo yang bangga bahwa gelaran Car Free Night I setahun yang lalu, mampu menginspirasi banyak kota-kota lain di Indonesia untuk menemukan tren baru dalam merayakan malam pergantian tahun. Sebuah perayaan yang lebih bersahabat dan bermartabat. Intinya tetap sama, yaitu tinggalkan mobil dan motor, tinggalkan udara kotor, dan berkreasilah! 

Selamat tahun baru 2013 buat Anda semua. Solo semangat!

2 komentar:

  1. Selamat tahun baru sobat, moga ditahun shio ular air ini tambah sukses,amin.

    BalasHapus
  2. Matur sembah nuwun. Selamat tahun baru, tetap semangat

    BalasHapus

Komentar Terkini