19 Desember 2012

Sapaan Khas Kasir Alfamart sebagai Bentuk Pelayanan Prima

Ini saja, Pak/Bu? Isi pulsanya sekalian Pak/Bu?

Itulah beberapa sapaan khas pramuniaga retail Indonesia, Alfamart. Bagi Anda pelanggan minimarket Alfamart, pasti sudah tidak asing dengan sapaan-sapaan ramah tersebut. Manurut saya, sapaan (greeting) tersebut tak hanya sekedar formalitas yang telah menjadi aturan dari perusahaan, namun lebih dari itu, greeting tersebut juga mempunyai maksud untuk menjalin interaksi dan komunikasi yang baik antara pelanggan dan pramuniaga (kasir). 
Pramuniaga Alfamart. (Foto: alfamartku.com)
Tak hanya itu, bila ditilik dari sudut pandang manajerial, greeting-greeting ramah tersebut juga merupakan salah satu bentuk pelayanan prima sebuah organisasi (dalam hal ini perusahaan) kepada para pelanggannya. Vincent Gespersz, seeorang ahli manajemen produksi, menyatakan bahwa kualitas pelayanan meliputi beberapa dimensi dan salah satunya adalah kualitas pelayanan yang berkaitan dengan kesopanan dan keramahan para pelaku bisnis. Dan inilah yang diterapkan oleh perusahaan Alfamart sebagai salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia. 

Dan memang, dalam praktiknya ada beberapa pihak yang kurang menyukai “ritual” semacam ini. Dan bahkan ada pendapat yang menganggap hal tersebut menjadikan para kasir seperti robot. Buat saya malah sebaliknya, meski kata-kata yang diucapkan cenderung sama, namun bila sang pramuniaga (kasir) dapat sedikit berimprovisasi dengan greeting-greeting tersebut tanpa mengurangi makna esensialnya, maka hal ini justru akan menjadikan nilai plus di mata pelanggan. Apalagi bila ditambah dengan senyuman dengan cara merapatkan telapak tangan di depan dada sembari mengucapkan terima kasih kepada semua pelanggan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini