06 Oktober 2012

"Seifuku", Seragam Sekolah di Jepang

Banyak unsur kebudayaan Jepang yang belakangan diikuti oleh sebagian remaja di dunia, termasuk Indonesia. Mulai dari musik, seni grafis, ritual perayaan, sampai pakaian/fashion. Berbicara soal pakaian, ada satu keunikan yang dimiliki oleh sekolah-sekolah di Jepang yang perlahan juga diikuti oleh sebagian remaja di Indonesia, yaitu seragam atau yang populer dengan sebutan seifuku.
Aneka model seifuku. (Foto: cessaluthfia.blogspot.com)
Seifuku ala sailor seperti yang sering kita lihat di anime atau manga sendiri, baru diberlakukan pada akhir zaman Taisho dan bentuknya adalah hasil modifikasi dari Eropa yang banyak dipakai oleh anak-anak bangsawan Eropa kala itu. Secara umum, seragam resmi setiap sekolah di Jepang ada tiga jenis setelan atas yang pemakaiannya disesuaikan dengan musim. Pada musim semi dan gugur, biasanya murid perempuan memakai kemeja lengan panjang ditambah vest. Begitu juga dengan murid pria. Sedangkan pada musim panas, mereka memakai kemeja berlengan pendek. Baru pada musim dingin, semua murid memakai kemeja berlengan panjang ditambah mantel/jas. 

Soal warna, bila musim panas, mereka umumnya memakai warna atasan putih dan pada musim dingin memakai warna yang gelap. Meski tidak ada aturan yang baku soal warna, warna gelap pilihan mereka biasanya adalah blue navy (biru gelap) sebagai warna favorit sekolah-sekolah di Jepang. Sedangkan untuk sepatu mereka memakai sepatu warna hitam yang seragam.

Referensi: Animonster

2 komentar:

  1. walah berati itu seragam standar jepang ya :D
    btw kalau di Indo rok segitu udah kena setrap :D

    BalasHapus
  2. Hehe iya Bro.. ya klo di sini bisa dibilang seragam merah putih lah..

    BalasHapus

Komentar Terkini