19 Oktober 2012

Membawa Kota Solo dalam Genggaman Anda

Kecanggihan teknologi dan informasi nirkabel yang semakin maju di era sekarang ini, selain membawa dampak negatif, juga memberikan manfaat positif kepada para penggunanya. Menjamurnya jejaring sosial di internet belakangan ini pun juga membawa nilai-nilai positif bagi kehidupan manusia sehari-hari, asalkan memang digunakan sesuai kapasitasnya. Dan untuk konteks tersebut, saya akan menyebut satu nama, yaitu Facebook. Media sosial kreasi Mark Zuckerberg ini membawa konsep “terhubung”, di mana kita dapat terhubung dengan sahabat, teman semasa sekolah, atau siapapun, termasuk keluarga kita di kampung halaman. 
Banner fan page Kota Solo. (Desain: Muh Nashir)
Berangkat dari konsep terhubung dengan kampung halaman itulah yang saat ini menginspirasi saya dan empat teman saya dalam mengelola dan mengembangkan sebuah halaman penggemar (Fan Page) di account Facebook. Sebut saja Fan Page Kota Solo. Sejak saya membuatnya karena iseng pada tanggal 8 Desember 2008 jam 8 malam, sampai saat ini, fan page nonprovit ini telah di-like oleh 176.363 user di Facebook. Sebuah angka yang tak pernah terbayangkan oleh kami para admin. Ada banyak hal menarik yang coba kami share kepada likers melalui fan page tersebut, sebut saja agenda/event bulanan yang diselenggarakan di Kota Solo yang meliputi event-event politik, seni budaya, sosial, pariwisata, hiburan, dan sebagainya. 

Selain agenda/event, kami juga me-share foto-foto sudut Kota Solo (juga menu kuliner tentunya) yang terbukti selalu mendapat respons positif dari para likers, karena dengan foto-foto seperti itulah rasa kangen para likers yang berada di perantuan sedikit terobati, atau bahkan malah tambah menjadi-jadi. 

Juga selain kedua jenis posting tersebut, belakangan kami juga mengangkat serba-serbi Kota Solo, di mana posting-an ini cenderung mengangkat sisi nostalgi tentang Kota Solo dan segala sesuatu yang berhubungan dengan sosial masyarakatnya. Satu lagi, selain ketiga “produk” unggulan tersebut, adakalanya kami juga menampilkan foto aktivitas offline para admin, semacam gathering kecil-kecilan yang terlaksana di antara kami. 

Itulah sedikit review saya tentang fan page Kota Solo, yang tidak bisa saya pungkiri mampu memberikan nilai-nilai positif bagi saya pribadi. Menyandang “jabatan” sebagai admin fan page Kota Solo, mau tidak mau membawa tanggung jawab moral pada kami untuk selalu peka dengan kondisi Kota Solo pada utamanya. Selain itu dan yang lebih sederhana namun penting, inilah tanda cinta sederhana kami pada Kota Solo, sebuah kota yang selalu ada di benak kami, sebuah kota yang semangatnya sudah menjadi nyawa bagi kami, dan sebuah kota di mana kami nanti akan kembali.

2 komentar:

  1. terima kasih sudah singgah di blog saya. salam kenal :)

    saya juga sudah cukup lama gabung di fan page FB Kota Solo :)

    BalasHapus
  2. Sama-sama Mbak, salam kenal juga. Sering2 saja mmpir ke blog.

    BalasHapus

Komentar Terkini