22 November 2009

Pecas Ndahe dan Nostalgia Masa SMP

Kamis kemarin (19/11), kelompok musik humor asli Solo, Pecas Ndahe, baru saja menggelar pentas ulang tahunnya yang ke-16 di Taman Budaya Jawa Tengah, Surakarta. Pentas ulang tahun yang dibalut dengan tema amal Untuk Sumatera Barat ini menampilkan Down For Life, Samalona, dan juga Etnoensambel sebagai bintang tamunya.

Buat saya, bila berbicara tentang ultah Pecas Ndahe, selalu saja mengingatkan saya akan masa-masa SMP saya di mana saya mulai mengenal kelompok ini. Masa-masa di mana saya sangat mengagumi kemampuan bermusik para personilnya. Masa-masa di mana dulu saya dan beberapa teman SMP saya sering tanding sepak bola bersama para personilnya di lapangan kecil di depan markas mereka, Rumah Sewa Jurug. Juga masa-masa di mana hujan selalu saja mengguyur kota Solo ketika malam harinya Pecas Ndahe harus pentas untuk acara ultahnya. Dan tentu saja masa-masa d imana tragedi tak kebagian tiket selalu saja terjadi di setiap pentas ultah Pecas Ndahe.
Pecas Ndahe Aseli Solo. (Foto: Google)
Dan sekarang, hampir 10 tahun masa itu berlalu. Ada beberapa perubahan dalam diri kelompok ini. Dan yang paling kentara tentu saja pergantian posisi vokalisnya. Namun terlepas dari sedikit perubahan tersebut, buat saya Pecas Ndahe tetap saja kelompok yang mampu menampilkan joke-joke segar nan spontan yang selalu bisa dikondisikan dengan keadaan sosial politik yang sedang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Dengan cita rasa Pecas Ndahe tentu saja. Dan ciri ini sudah mereka punya sejak saya untuk kali pertama melihat kelompok ini pentas, yaitu sekitar tahun 1998. Sedangkan dari segi musikalitas, saya kira kita tidak perlu lagi menanyakan kualitasnya. Jam terbang yang sudah sangat tinggi didukung skill bermusik para personil yang di atas rata-rata, menjadikan kelompok ini tetap disegani bagi kelompok-kelompok sejenis yang lahir belakangan.

Sampai pada akhirnya, wedang jahe campur soon, Pecas Ndahe selamat ulang tahon.

Terima kasih buat Pecas Ndahe atas penghargaan yang telah diberikan kepada saya sebagai pembuat account Facebook Pecas Ndahe.

1 komentar:

  1. salam ndaser...
    http://mursid.web.id/pecas-ndahe-di-mata-saya.html

    BalasHapus

Komentar Terkini