07 Mei 2009

D'Massive, Terinspirasi atau Menjiplak?

Beberapa waktu yang lalu, banyak infotainment yang memberitakan tentang kasus band D’Massive dan lagu-lagu ‘jiplakannya’. Kurang lebih ada delapan lagu yang menurut sebagian kalangan dianggap menjiplak lagu-lagu yang sudah ada dari band-band tenar mancanegara. Menyikapi hal itu, dengan enaknya sang vokalis, Ryan, menyangkal tuduhan itu dengan dalih terinspirasi. Kata inilah yang paling mudah dilontarkan oleh anak band sebagai pembelaan bila terjerat oleh kasus semacam ini. Lalu, sebenarnya apa sih arti kata terinspirasi yang berasal dari kata dasar inspirasi itu, sampai-sampai banyak anak band (bukan musisi) yang dengan mudahnya menyebut kata itu bila mana karya-karyanya dianggap menjiplak dari karya yang sudah ada? Marilah kita coba telusuri arti kata inspirasi yang merupakan kata dasar dari kata terinspirasi ini.
Band D'Massive. (Foto: Google)
Kata inspirasi berasal dari kata dalam Bahasa Inggris inspiration, yang menurut Oxford Advanced Learner’s Dictionary adalah “the process that takes place when somebody sees or hears something that causes them to have exciting new ideas or makes them want to create something, especially in art, music or literature.

Nah dari definisi di atas, kita mendapatkan kata kunci ‘new ideas’ atau dalam Bahasa Indonesia berarti ide baru. Jadi menurut saya sebuah proses terinspirasi itu haruslah melahirkan karya-karya baru yang cenderung berbeda dari karya yang sudah ada yang diakui sebagai karya yang menjadi sumber inspirasinya. Jadi menurut saya lagi, bila sebuah lagu dikatakan terinspirasi dari lagu lain yang sudah ada, maka sudah sewajarnya tidak ada kemiripan dalam lagu itu dengan lagu yang sudah ada itu, baik dari melodi, aransemen musik maupun liriknya. Jadi sudah sepantasnya bila para anak band (bukan musisi) di Indonesia memerhatikan hal ini supaya lebih berhati-hati lagi. Dan semoga kasus D’Massive ini menjadi kasus yang terakhir di Indonesia, sebab sangat ironis sekali bila kasus ini sering terjadi di tengah-tengah masyarakat musik yang katanya antipembajakan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini