25 Agustus 2007

Indahnya Bunga Flamboyan

Beberapa waktu yang lalu, saya dikejutkan oleh mekarnya bunga-bunga merah yang indah di sebuah pohon yang tinggi. Pohon-pohon tersebut memang banyak tumbuh di kawasan kampus saya yang teduh. Lama-kelamaan penasaran juga dengan bunga itu. Setelah tanya sana-sini, akhirnya ada seorang pegawai taman di kampus yang memberitahu saya bahwa itulah yang disebut bunga flamboyan. Sebuah nama yang sering saya dengar tapi tak sadar mereka tumbuh di sekitar saya. Bunga warna merah merona itulah yang tampak indah dipandang dari kejauhan.
Bunga flamboyan dilihat lebih dekat. (Foto: flowerpictures.net)
Flamboyan termasuk suku Fabaceae atau polong-polongan dan berasal dari jenis Delonix regia. Jenis pohon peneduh ini berasal dari Madagaskar dan pertama kali dikoleksi pada tahun 1824 dan dibawa untuk ditanam di Inggris sebelum tahun 1840. Selain sebagai pohon peneduh jalan, kayu dari pohon ini sangat baik untuk keperluan bahan kayu papan. Bila dilarutkan dalam air, getahnya dapat berubah fungsi menjadi lem. Bunganya juga dapat dipakai untuk bahan pewarna sedangkan air rendaman kulitnya dapat digunakan untuk obat penurun demam.

Referensi: Wikipedia

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Terkini